16:32:04 DBFMRadio.id : Kalianda -  Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lampung Selatan Menggelar Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-50 Tahun 2022, Jum’at (04/03/2022).


Secara tatap muka kegiatan diselenggarakan di Aula Rajabasa Sekdakab Lampung Selatan. Sedangkan, secara virtual kegiatan diikuti oleh Kader TP PKK Tingkat Kecamatan dan Desa melalui aplikasi zoom meeting.


Hadir pada acara itu, Sekretaris Daerah Thamrin, Wakil Ketua TP PKK Lampung Selatan Nuri Maulida Pandu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Lampung Selatan Yani Thamrin, Gabungan Organisasi Wanita serta OPD terkait.


Ketua TP PKK Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, Peringatan HKG PKK Ke-50 menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan tahun emas gerakan PKK di Indonesia.



"Saya berharap melalui peringatan HKG PKK kali ini, gerakan PKK kembali pada ruhnya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan keluarga", kata Winarni.


Dimana, keluarga harus menjadi fokus perhatian dan diberdayakan. Karena, keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia dapat diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya.


"Oleh karena itu, sesuai dengan tema 50 tahun gerakan PKK berbakti untuk bangsa, berbagi untuk semua. Tema ini harus melekat dalam hati sanubari kita semua sebagai keluarga besar gerakan PKK", ingat dia.


Menurut Winarni, untuk memberdayakan keluarga dan masyarakat, perlu dilakukan dengan pendekatan cinta, dengan hati yang tulus. Oleh karenanya, gerakan PKK pada hakekatnya dilakukan dengan pendekatan partisipatif dan kerjasama.


"Melalui momentum peringatan HKG PKK tahun ini, kita harus mampu mendaya gunakan sebagai media untuk mawas diri serta kelembagaan dengan melakukan evaluasi dalam program" katanya lagi.


Jadi Motivator Kaum Perempun


Sementara, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, S.Sos., M.M. mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 dan berharap momentum ini menjadi motivator, khususnya kaum perempuan didalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.


"Saya berharap, momentum peringatan ini menjadi motivasi yang kuat dan semangat baru bagi kaum perempuan untuk dapat mengimplementasikan kemampuannya sebagai penopang pembangunan keluarga menuju keluarga yang sejahtera dan sekaligus juga sebagai motivator atau penyemangat bagi suami di dalam bekerja sebagai abdi negara", katanya.


Lanjut Thamrin, memasuki usianya yang ke-50 Tahun, banyak capaian yang telah diraih oleh TP PKK Kabupaten Lampung Selatan sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah di bidang pemberdayaan perempuan.


"Capaian tersebut merupakan cermin dari suksesnya 10 program pokok PKK yang selama ini telah dijalankan, baik pada tingkat Kecamatan maupun Desa, sehingga mendorong juga suksesnya program pemerintah untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera", ucapnya.


Thamrin juga mengatakan, keberadaan kesatuan gerak PKK dapat menjadi pembangkit bagi kaum perempuan didalam membangkitkan perekonomian keluarga, masyarakat dan juga menjadi pelopor perubahan untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan.


"Jadilah pelopor emansipasi wanita untuk persamaan gender pada setiap bidang pekerjaan, hingga terbangun keluarga sejahtera yang harmonis serta perempuan harus dapat mengambil peluang sekecil apapun untuk meningkatkan perekonomian keluarga". pungkasnya.(db-bngpsp-aap).