18:54 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Korpri, Komplek Pemda Setempat. Senin, (30/10/2023).


Upacara yang dipimpin oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto ini, turut dihadiri jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin, pejabat utama beserta Kepala Perangkat Daerah dilingkup Pemkab Lampung Selatan, seluruh staf Aparatur Sipil Negara (ASN), Tenaga Harian Lepas Sukarela (THLS), satuan dari TNI-Polri, pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan dan organisasi masyarakat.


Pada kesempatan itu, Bupati Lampung Selatan menyampaikan Sambutan Menteri Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia bahwasanya momentum Peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk meningkatkan bangsa Indonesia terhadap sejarah gotong royong seluruh elemen pemuda yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928 yang melahirkan sebuah komitmen kebangsaan yaitu bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.


Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023 mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. Heterogenitas tersebut  sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia.


Bupati Nanang mengatakan, Pemerintahan Republik Indonesia telah membuka luas partisipasi pemuda-pemudi generasi muda Indonesia yang hari ini telah seiring sejalan mewujudkan harapan masa  depan Indonesia bersama-sama. Inklusifitas dalam ekosistem kolaborasi lintas generasi telah membangun optimisme kolektif bahwa sekarang para pemuda-pemudi mendapatkan tempat terhormat di dalam pembangunan nasional.


“Oleh karena itu, setiap pemuda perlu mempunyai visi, misi dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat. Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor,” tuturnya.


“Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri,” tutup Nanang.


Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-95 di Lampung Selatan ini juga turut dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada pemuda berprestasi di Kabupaten Lampung Selatan serta menampilkan puluhan pelajar yang mengenakan pakaian adat lengkap mewakili adat dari seluruh Provinsi di Indonesia. (swd-dwa)