DBFMRadio.id - Kalianda : Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar apel pasukan dalam rangka penengakan displin protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19 dalam rangka menghadapi new normal di Lapangan Korpri Kianda, Selasa 02/06/2020.


New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi, yang dijalankan dengan mempertimbangkan kesiapan daerah dan hasil riset epidemiologis di wilayah terkait.


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto selaku pembina apel meminta kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan berita hoax yang akan  menimbulkan kepanikan di masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif.


"Saya minta kepada semua pihak untuk tidak menyebarkan hal-hal yang menimbulkan kepanikan di masyarakat untuk menjaga situasi tetap kondusif" ujarnya.


Selain itu, Bupati juga meminta untuk seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) hingga desa untuk menyediakan tempat cuci tangan dan juga sabun cuci tangan di tempat- tempat yang mudah di jangkau agar virus dapat dicegah sedini mungkin.


Disamping itu, Nanang Ermanto juga mengimbau agar masyarakat di tempat keramaian seperti pasar, mini market serta lembaga keuangan seperti bank untuk menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer dan tidak lupa untuk tetap memakai masker.


"Saya menghimbau untuk tempat keramaian seperti pasar, mini market serta lembaga keuangan seperti bank untuk menyediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer dan tidak lupa untuk tetap memakai masker" jelasnya.


Nanang juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk terus mensosialisasikan tentang bahaya covid-19 dengan bantuan media elektronik dan media cetak.


"Karena keberhasilan melawan covid 19 adalah ketika kita berhasil membuat masyarakat untuk tetap dirumah saja dan menaati peraturan protokol kesehatan dalam penanganan covid-19 ini" pintanya.


Nanang juga mengapresiasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Lampung Selatan baik OPD, TNI/Polri, Tim medis, sipil dan masyarakat yang telah bekerja dengan baik mengutamakan keselamatan masyarakat tanpa mengabaikan keselamatan nya diri.


"Saya selaku ketua Tim Gugus Tugas mengucapkan Terimakasih kepada seluruh Tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di Lampung Selatan" ungkap nya.



Selain apel , juga di laksanakan simulasi Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan menghadapi new normal. Simulasi tersebut di lakukan oleh para petugas kesehatan, TNI/polri serta dinas terkait sebagai kesiap-siagaan Lampung Selatan menghadapi new normal. (db/lmhr-aap)