DBFMRadio.id : Kalianda - Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Lampung Selatan dan Duta Swasembada Gizi Hj. Winarni Nanang Ermanto menjadi narasumber talkshow pada program "Ruang Dialog" DBFM Radio Pemda Lampung Selatan, di Ruang Siar DBFM Radio Lampung Selatan. Rabu, (18/01/2023).


Talkshow yang mengusung tema "Dukungan Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Upaya Cetak Generasi Unggul Lampung Selatan (Stunting, Swasembada Gizi, Swasembada Sekolah, Swasembada WC)" yang disiarkan secara langsung melalui  93.0 fm, sosial media Facebook dan Instagram.


Dipandu Host Chairunnisa Yahman, Hj. Winarni menyampaikan pentingnya untuk menyiapkan generasi unggul Lampung Selatan yang sehat, cerdas dan berkarakter Indonesia.


"Perlu diketahui pembangunan tidak hanya dilihat dari infrastruktur namun juga kita harus sama-sama menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan produktif, karna salah satu peluang dan kekuatan kita Indonesia tahun 2030 akan menghadapi bonus demografi, dengan harapan tahun 2045 kita bisa menjadi negara maju peringkat 4 dunia", ungkapnya.


Hj. Winarni Nanang Ermanto juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh kader, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat kabupaten, kecamatan dan desa yang sudah bersinergi untuk menuntaskan stunting sejak tahun 2019 mengalami penurunan dari 29% menjadi 8,9% di Kabupaten Lampung Selatan.


Pada swasembada sekolah, salah satu yang menjadi fokus pemerintah pusat yaitu peningkatan kejar paket A B dan C serta adanya pelayanan puskesmas inklusif yang akan berlangsung mulai awal tahun 2023, serta peningkatan kualitas para pengajar sekolah bagi anak berkebutuhan khusus.


Ruang Dialog DBFM ini juga diikuti oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) Republik Indonesia, TPPS Kecamatan dan Desa se Lampung Selatan, kepala sekolah dan guru tingkat PAUD/TK, SD, dan SMP se Kab. Lampung Selatan melalui zoom meeting.


Pada sesi talkshow juga dibuka sesi pertanyaan perihal swasembada sekolah, swasembada gizi, swasembada wc dan swasembada rumah layak huni.


Mengakhiri talkshow, Hj. Winarni berpesan agar semua pihak dapat terus bersinergi untuk Kabupaten Lampung Selatan agar lebih maju lagi.


"Ayo kita sama-sama, tidak ada yang tidak mungkin terwujud kalau kita sama-sama melakukan, bergerak bersama, bergotong royong dengan semangat tulus dan ikhlas yang tinggi, insya Allah akan terwujud yang kita cita-citakan bersama", tutupnya.(db-swld-icha-aap).