DBFMRadio : Kalianda - Guru merupakan salah satu profesi yang berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), bukan hanya mencerdaskan bangsa, tetapi juga melahirkan generasi penerus dalam pembagunan bangsa. Sehingga mampu menjadi pondasi awal kemajuan suatu Negara.


"Melalui pendidikan kita dapat membangun bangsa indonesia yang berkualitas, yang maju dan unggul serta berdaya saing tinggi sebagai modal utama pembangunan bangsa," ungkap Anggota Komisi III DPR RI, Taufik Basari, Sabtu, (12/9/2020).



Pada acara sosialisasi 4 pilar MPR RI yang diselenggarakan di Aula Krakatau, setdakab Lampung Selatan itu, Taufik Basari juga menjelaskan mengenai peranan guru yang berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita suatu negara, sehingga guru harus mendapatkan perhatian dalam berbagai aspek, terutama bagi guru honorer.


"Oleh karena itu, mengingat pentingnya pendidikan, dalam mewujudkan cita-cita bangsa, kami dari MPR RI memandang penyelenggaraan pendidikan dan berbagai aspeknya harus mendapatkan perhatian yang utama," jelasnya.


Pria yang akrab disapa dengan nama tobas itu juga mengungkapkan, bahwa saat ini Negara Indonesia sedang menghadapi situasi multi dimensi persoalan bangsa, yang berasal dari berbagai bidang, mulai dari perekonomian hingga sosial dan harus segera dituntaskan.



"Mulai dari persoalan dibidang ekonomi, sosial, budaya, hukum dan termasuk berbagai konflik sosial yang kerap terjadi di tengah masyarakat," jelasnya lebih lanjut dalam pemaparan.


Oleh sebab itu, Taufik Basari meminta kepada para guru sebagai komponen bangsa untuk merenungkan, mengamalkan serta menerapkan nilai-nilai pancasila, sehingga persoalan multi dimensi yang sedang terjadi dapat segera teratasi.


Terlebih, guru juga berperan dalam pembagunan karakter bangsa, dan hal ini menjadi peranan yang sangat strategis dalam memajukan prilaku bangsa yang sesuai dengan nilai pancasila.


"Kami meyakini, melalui pengajaran sejak dini kepada para pelajar dan generasi muda, pembentukan karakter bangsa akan sesuai dengan 4 pilar MPR RI," ujarnya. (db/ptm-aap).