17:26:15 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui Dinas Perpustakaan & Kearsipan menggelar berbagai lomba dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan. Senin, (21/11/2022).


Kegiatan tersebut digelar sebagai upaya dalam meningkatkan kegemaran membaca dan literasi dikalangan masyarakat, keluarga, anak-anak dan pelajar.


Adapun kegiatan lomba tersebut yaitu lomba mewarnai yang diikuti oleh peserta didik tingkat PAUD dan TK, Pidato Bahasa Lampung yang diikuti peserta didik tingkat SMP dan lomba Menulis Cerpen yang diikuti oleh peserta didik tingkat SMA se-Kabupaten Lampung Selatan.


Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Qori Nilwan dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menggugah dan meningkatkan kemampuan membaca diseluruh elemen masyarakat.


“Merangsang peningkatan minat baca pada kalangan pelajar menjadikan kegiatan membaca sebagai gaya hidup, meningkatkan kemampuan daya saing sehingga mampu tampil dan berkompetisi di tingkat global serta meningkatkan sinergi antar seluruh stakeholder di Lampung Selatan,” ungkapnya.


Pada kesempatan yang sama, Bunda Literasi Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto mengatakan, literasi berpengaruh besar dalam peningkatan kemampuan berfikir serta mampu meningkatkan pemahaman terhadap sesuatu.



“Jadi literasi tidak hanya dimaknai dengan menulis dan membaca, namun literasi dapat dimaknai lebih besar dari hanya sekedar menulis dan membaca. Edukasi dipandang memiliki dampak yang hebat dalam mewujudkan sumber daya manusia,” tuturnya.


Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang sekaligus mengajak agar para pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dapat turut serta meningkatkan kemampuan dalam berliterasi.(db-swld-aap).