DBFMinfo (Bandarlampung) : Gempa terjadi di Wilayah Banten,  Bengkulu dan Lampung dikutip dari http://inatews.bmkg.go.id/ Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah Banten, Bengkulu, Jabar, Lampung, Gempa Mag:7.4, Jum'at ( 2/8/2019) Pukul  19:03:21 WIB, Lokasi 7.54 LS, 104.58 BT (147 km BaratDaya Sumur Banten, Kedalamn 10 Km.


BMKG Juga menyatakan, Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan  Kota/ Kabupaten (Provinsi), Status Peringatan Siaga, Pandeglang Bagian Selatan (Banten), Pandeglang Pulau Paniatan (Banten) dan Pandeglang Bagian Utara Banten serta Serang bagian Utara.


Untuk Status Siaga Lampung, Lampung Barat, Pesisir Selatan Lampung. Sedangkan untuk Waspada, Lebak Banten, Lampung, Tanggamus Pulau Tabuan dan Sukabumi Ujung Genteng , Jabar Tanggamus Bagian Timur, Lampung Selatan Kep. Krakatau, Kep. Legundi, Kep.Sebuku dan Lampung Barat Pesisir Tengah, Pesisir Utara.


Sementara Bengkulu Utara, Pulau Enggano, Kaur , Bengkulu Selatan dan Seluma.


BMKG juga merilis Saran dan Arahan Status Peringatan untuk Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.


Untuk yang SIAGA Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.


Sedangkan berstatus WASPADA, Pemerintah Propinsi/Kab/Kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.


Video yang beredar di sosial media, menggambarkan situasi saat gempa mengguncang di Desa Cinangka Serang,  Banten Jemaah Masjid Nurul Fitri yang menunggu shalat isya, sontak berhamburan keluar, plafon masjid runtuh. Dan beberapa Pusat Perbelanjaan di Lampung pun mengalami hal yang sama.(db).