DBFMinfo (Jakarta) : Pemerintah melalui Kemendagri dan Kemensetneg menggelar Festival Gapura Cinta Negeri dalam rangka menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI. Festival ini bertujuan menumbuhkan kembali semangat persatuan dan menumbuhkan sikap nasionalis masyarakat. 


Kompetisi hias gapura ini diselenggarakan mulai 17 Juli sampai 17 Agustus 2019. Seluruh tingkatan masyarakat bisa melakukan pendaftaran di situs www.gapuracintanegeri.com. Persyaratannya pun mudah, peserta hanya diminta mengirimkan foto minimal 10 foto dan mengunggahnya di situs yang tersedia.


Festival ini dibagi dalam dua kategori, yakni kategori kelompok umum masyarakat luas dan kategori khusus, seperti instansi/perusahaan/perguruan tinggi dan lembaga. Nantinya, dalam festival ini akan dipilih 10 pemenang dari Kategori Umum dan 3 pemenang gapura dari Kategori Instansi / Lembaga / Perusahan / Organisasi.


Pemenang akan menerima hadiah uang tunai dan piala bergilir dari Presiden Rp 250 juta, pilihan masyarakat mendapat piala dan hadiah Rp 100 juta dan diundang ke Istana menerima hadiah yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo. 


Dalam video promo berdurasi 1 menit produksi bersama Badan Ekonomi Kreatif, Kemenkominfo, Kemendagri, Kementrian Sekretariat Negara RI dan Kementrian Pariwisata & Ekonomi Kreatif juga menyebut festival gapura ini sekaligus menumbuhkan kembali kebiasaan yang sebelumnya pernah ada. Diharapkan festival ini juga menumbuhkan semangat gotong royong masyarakat. (**).