14:47:53 DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto Memberi Sambutan Sekaligus Membuka Acara Sosialisasi Indikator Indeks Inovasi Daerah Tahun 2022, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Setempat, Senin (21/03/2022).


Nampak hadir, Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa, Sekretaris Daerah Thamrin, Asisten Bidang Administrasi Umum Badruzzaman, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Syahlani serta para kepala OPD.


Dalam sambutannya, Nanang Ermanto mengatakan, Lampung Selatan memiliki wilayah yang begitu luas potensi kekayaannya yang sangat dibutuhkan kreatifitas khususnya dibidang inovasi yang akan memasuki era revolusi.


"Langkah-langkah ini sebenarnya kita akan memasuki era industri  4.0. Ini tantangan yang lebih berat bagi kita khususnya para kepala dinas harus kreatif dan inovatif", kata Nanang.


Dengan itu, Nanang Ermanto meminta kepada para pemimpin untuk memiliki konsep dengan ide cemerlang dan dibantu oleh operator dinas. Terlebih, di masa pandemi Covid-19 agar melatih kreatifitas dan inovasi untuk membangun daerah Lampung Selatan.


"Kita tidak bisa berpangku berdiam diri, kita harus menggali potensi yang ada disekitar lingkungan kita bagaimana kita meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Kalau tidak ada kemauan kinerja yang baik Lampung Selatan tidak akan maju", tegasnya.


Nanang Ermanto juga mengatakan, Lampung Selatan sebagai pintu gerbang Jawa dan sumatera banyak hal yang harus digali potensi dan inovasi daerah untuk meningkatkan pendapatan daerah khusunya potensi pelayanan masyarakat.


Inovasi BANG RADIN


Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Syahlani menyampaikan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu guna memperbaiki dan meningkatkan tata kelola inovasi daerah dalam rangka membangun budaya inovasi di Kabupaten Lampung Selatan.



Kemudian, meningkatkan kapasitas kelembagaan dan Sumber Daya Manusia guna meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, serta sebagai bagian dari proses pelaksanaan inovasi daerah yang diinisiasi oleh Balitbangda yaitu inovasi BANG RADIN (memBANGun daeRAh Dengan INovasi).


"Kegiatan ini diikuti oleh 130 peserta. Dimana, kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan fasilitasi inovasi daerah untuk mendorong penguatan dan penciptaan inovasi kepada setiap perangkat daerah dilingkungan pemerintah daerah Lampung Selatan",Tutup Syahlani.(db-bngpsp-aap).