(19.45.23) DBFMinfo, Kalianda: Pembangunan sektor perikanan di Lampung Selatan, baik perikanan laut dan darat,khususnya budidaya ikan yang ada di lampung selatan, merupakan salah satu program Bupati Lampung Selatan yang dubebankan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lampung Selatan.
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lampung Selatan Meizar Malanesa pada Dialog Publik Program Kabar Pemkab Radio Dimensi Baru Kalianda hari ini juga nengatakan, disamping itu, Dinas Kelautan dan Perikanan juga melaksanakan tugas lain yang diberikan, sesuai visi misi Bupati Lampung Selatan.
"selain juga kita juga melaksanakan tugas tugas lain yang diberikan oleh Pak Bupati tentunya salah satu program dari dinas perikanan kabupaten lampung selatan, mengacu kepada visi misi Bupati Lampung Selatan terwujudnya kabupaten lampung selatan yang sejahtera berdaya saing mandiri dan berakhlak mulia" jelas Meizar Malanesa, Selasa (15/10/2019).
Misi yang dilakukan oleh DKP lanjut Meizar, yang tentu saja berkaitan dengan sektor perikanan, termasuk dalam midi ketiga, membangun perekonomian daerah dengan memperkuat ekonomi berbasis kerakyatan dan pedesaan yang brreawasan lingkungan dan berkelanjutan.
"misi yang kami lakukan adalah itu termasuk dalam misi ketiga yaitu membangun perekonomuan daeeah dengan memperkuat ekonomi berbasis kerakyatan dan pedesaan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan"terang dia lagi.
Pada dialog yang dipandu Diyah Novitasari ini, Meizar juga mengatakan, potensi perikanan tentu saja sangat dipengaruhi oleh alam, namun pihaknya tidak saja menggantungkan sumber daya alam namun sumberdaya manusia juga harus diperhatikan, sehingga memiliki sumber daya yang mampu mengeksploitasi daripada sumber daya yang cukup besar di lampung Selatan.
"Kita mempunyai garis pantai sepanjang 110,76 kilometer itu belum kita optimalisasi semua jadi kalau kita berdayakan kuncinya pemberdayaan masyarakat dalam hal ini peran nelayan dan pembudidaya ikan" kata Meizar Malanesa menjelaskan.
Meizar Malanesa melanjutkan, cara yang paling efektif untuk meningkatkan produksi prrikanan dengan melakukan penyuluhan, Dinas Perikanan Lampung Selatan memiliki beberapa penyuluh disetiap kecamatan.
"Kita harus melakukan penyuluhan penyuluhan ya kita ada beberapa penyuluh yang bergerak di setiap kecamatan, mereka memberikan penyuluhan bagaimana mengolah ikan bagaimana menangkap ikan yang baik, bagaimana cara memperoleh hasil yang baik serta pengolahan sumber daya ikan itu dijadikan komoditi yang siap dipasarkan, seperti Otak2, abon lele dan kripik kulit ikan" tukasnya.
Diketahui, berdasarkan data, potensi perikanan tangkap di kabupaten Lampung Selaran setiap tahunnya mencapai 50 ribu ton. Sedangkan saat ini kemampuan tangkap para nelayan hanya sekitar 26 ribu ton per tahun.(db).