17:54:51 DBFMRadio.id : Jakarta - Program Pendidikan Reguler  -PPR -  yang dilaksanakan oleh Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia - Lemhannas RI- Angkatan 62 ada  60 orang terdiri dari para pejabat tinggi Pratama setingkat Eselon 1 dan 2,  berasal dari TNI dan Polri, 36 orang sedangkan 24 orang,  berasal dari MPR RI,  Kementerian Lembaga Pemerintah Non Kementerian,  Pemerintah Provinsi,  Partai Politik dan Organisasi Masyarakat.


Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purnawirawan Agus Widjojo, dalam laporannya pada Pengarahan Presiden kepada peserta PPS  dan PPR Lemhannas di Istana Negara, Rabu Pagi mengatakan,


"Peserta PPR angkatan 62 selama pendidikan berlangsung,   disamping  pembelajaran jarak jauh, selama 15 bulan juga dilakukan pembelajaran lapangan" terang Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Purnawirawan Agus Widjojo, dalam laporannya pada Pengarahan Presiden kepada peserta PPS  dan PPR Lemhannas di Istana Negara, Rabu (13/10/2021).


Sementara dalam arahannya Presiden Joko Widodo mengingatkan, revolusi industri 4.0 disrupsi teknologi dan  pandemi,  mempercepat gelombang perubahan di dunia.


"Revolusi industri 4.0 disrupsi teknologi kemudian, pandemi ini yang mempercepat gelombang perubahan di dunia.  Sehingga menimbulkan  juga ketidakpastian yang tinggi."ingat Presiden



Oleh sebab itu,  tegas Presiden harus semakin Arif mengembangkan teknologi,  sekaligus juga aktif mengakuisisi teknologi teknologi baru terutama teknologi digital.


Lebih lanjut Presiden menegaskan, prinsip ekonomi berkelanjutan harus betul-betul dijaga melalui Green  ekonomi dan Blue ekonomi,  semua komoditas yang ada harus didorong secara hilirisasi di industrialisasinya.


Nikel harus diolah menjadi katoda baterai dan Stenlisteel menjadi lithium baterai, karena opportunity yang ada  kedepan adalah  Mobil listrik.


"Harus kita dorong hilirisasi,  kita dorong industrialisasinya,   nikel harus kita olah menjadi katoda baterai,  stainless steel menjadi lithium baterai yang nanti di integrasikan dengan industri otomotif yang kita miliki, karena kesempatan besar opportunity yang ada ke depan adalah mobil listrik." Ujar Presiden Jokowi lagi.

Dalam arahannya, Jokowi juga mengingatkan  2 atau 3 tahun lagi yang mobil listrik akan mulai bermunculan di Indonesia,  hal ini bisa diantisipasi dengan melakukan  kerjasama BUMN dengan swasta luar atau dalam negri serta infestor.


Dari kanal YouTube Sekretariat Presiden diketahui, Studi lapangan strategis nasional bagi peserta PPR Angkatan 62,  di  Lima lokasi,  PT Inalum Sumatera Utara,  PT Sulawesi mining investment Sulawesi Tengah,  PT aneka tambang Maluku Utara, PT Adora  Kalimantan Selatan dan sirkuit Mandalika Nusa tenggara Barat yang dilaksanakan pada  21 hingga  25 Juni 2021.(db-ytbsetpres-aap).