13:58:16 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemilik usaha Kopi Mahira Mega menjadi narasumber pada Minan Rusida (Mari Informasikan dan Siarkan Ruang Promosi Anda) DBFM yang dipandu host Viska Maudy Hutami dengan topik Kopi Mahira dari Desa Kekiling, Senin(12/09/2022).


Mega menjelaskan kopi mahira pertama kali diproduksi pada tahun 2017 yang mana merupakan usaha rumahan milik keluarganya yang turun temurun.


“pertama kali kami produksi kopi mahira ini tahun 2017, orang tua kami yang pertama kali merintis kemudian memberikan lapak  kami dipasar, biasanya kalau untuk diwarung warung kami cari sendiri tempatnya”


Mega juga menerangkan untuk pemasaran kopi mahira di pasar hanya untuk daerah penengahan dan untuk diwarung hanya untuk sekitar kalianda.



“Untuk pemasaran di warung kami hanya sekitar kalianda saja daerah Negri Pandan, Kecapi dan Babulang itu aja sih, kalau pasar kami hanya masukin di daerah penengahan, perputaran untuk ganti produknya sekitar 2 minggu sekali kalau paling lama sebulan sekali dan itu pasti habis”.  Rinciannya.


Mega juga menjelaskan Usaha Kopi mahira ini diproduksi menggunakan biji kopi robusta dan arabika, untuk harganya ditiap tempat berbeda, kopi mahira sendiri di jual perkilonya Rp.60.000 untuk penjualan dipasar tergantung permintaan pelanggan, ditempat pusat oleh oleh harganya Rp.18 - Rp. 20.000 dan untuk di warung berkisar Rp.4.000,-


“ yang membedakan kopi  mahira ini dengan kopi yang lainnya adalah cara sangrainya, kami menggunakan api yang harus sedang karena itu yang harus diatur kalau mau kopi nya bagus. Untuk kayu bakar bebas yang penting bukan kayu duren dan coklat karena itu menimbulkan banyak asap dan kurang bagus untuk kualitas kopinya”


Pesan dari Mega semoga kopi mahira ini bisa masuk kejangkauan pasar yang lebih luas, dan buat masyarakat yang ingin membeli kopi mahira bisa dateng langsung ke pasar pasuruan, pusat oleh oleh didepan RM Siang Malam dan di warung-warung  di desa Kecapi, Babulang dan Negri Pandan.


"kenapa masyarakat wajib cobain kopi  mahira ini,  karena rasanya enak tidak ada duanya di buat dengan hati." kata Mega promosi.(db-dcm-aap).