19:55:42 DBFMRadio.id : Kalianda - Rapat Pembentukan Panitia Musyawarah Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia -APKASI- Koordinator Wilayah Lampung, di Aula Krakatau Kantor Bupati Lampung Selatan, Selasa (22/06/21), membahas muswil APKASI  di Lampung Selatan.


Rapat yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Supriyanto,  dihadiri  para asisten 1 dan Kabag Kabupaten anggota APKASI Korwil Lampung, yang pada rapat sebelumnya sepakat Muswil akan dilaksanakan setelah pilkada serentak.


"Rapat kali ini, akan membahas terkait dengan rencana pelaksanaan Muswil APKASI Korwil Lampung, yang dilaksanakan berdasarkan kepengurusan Korwil Lampung  yang diperpanjang hasil Koordinasi dengan pengurus APKASI Pusat, Muswil dilaksanakan usai Pilkada Serentak." terang Supriyanto.


Hal ini dimaksudkan, agar saat Muswil berlangsung, masing-masing Anggota APKASI sudah memiliki Kepala Daerah Definitif, sebagai Kandidat Ketua APKASI Korwil Lampung periode 2021-2026.



Muswil nanti, lanjut Supriyanto, ada 2 agenda utama, yakni Pemilihan Ketua dan program kerja. Sebagai tuan rumah,  telah menyusun draft  kepanitiaan dan sesuai arahan  Bupati ada beberapa  alternatif tempat Muswil, akan dilaksanakan di Kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Rumah Dinas Bupati, Hotel dan Restoran di Lampung Selatan atau tempat lain di luar Lampung Selatan.


"Sebenarnya Pak Bupati menginginkan di Rumah Dinas Bupati, dengan pertimbangan banyak program unggulan Lampung Selatan ada disana (Rumdin : red). Namun, karena situasi pandemi Covid-19,  yang membutuhkan ruang yang memadai sesuai protokol kesehatan, beliau minta dicarikan alternatif" rinci Supriyanto.


Selanjutnya panitya menyarankan alternatif, dengan pertimbangan protokol kesehatan,  akan mengambil tempat di wilayah Lampung Selatan, seperti Grand Elty Krakatoa, Kahai Beach Hotel dan  Suak  Beach Hotel. Namun dari 3 alternatif tempat ini, berdasarkan survey panitya, Grand Elty Krakatoa yang paling representatif, dan telah disetujui Bupati.


Sekedar mengingatkan hasil Muswil III APKASI Korwil  Lampung sebelumnya,  Bupati Zainudin Hasan saat itu,  terpilih secara aklamasi sebagai ketua APKASI korwil Lampung menggantikan Hanan A Rozak, untuk masa jabatan selama lima tahun 2017-2022. Ditengah perjalanan, Jabatan Ketua dilimpahkan kepada Nanang Ermanto setelah dilantik Gubernur Lampung menjadi Bupati Lampung Selatan.(db-bngpsp-aap).