22:05:56 DBFMRadio.id : Kalianda - Kepaniteraan dan Tupoksinya di Pengadilan Agama Kalianda Kelas 1 B, menjadi bahasan di ruang dialog DBFM Radio dengan narasumber, Panitera Muda Gugatan Pengadilan Agama Kalianda kelas 1 B Kabupaten Lampung Selatan, A. Rahman, S.H. Rabu (8/2/2023).


Dalam keterangannya, Rahman menjelaskan, dalam peradilan di Pengadilan agama, selain hakim unsur lain adalah panitera dan sekretaris panitera.


"Panitera adalah pejabat yang bertanggung jawab atas jalannya administrasi persidangan maupun administrasi lainnya. Tugas pokok nya antara lain menerima , memeriksa, mengadili, memutuskan perkara yang di ajukan dan finansial keuangan perkara" jelas A. Rahman.


Lain hal nya dengan tugas Sekretaris, sebagai penunjang tugas kepaniteraan yang mengatur administrasi umum antara lain mengatur gaji, pangkat, kepegawaian, dan laporan.


Menurut A. Rahman, Tugas pokok panitera muda permohonan fungsinya sebagai pelaksana pemeriksaan kelengkapan berkas perkara permohonan, pelaksanaan registrasi perkara, pelaksana distribusi perkara permohonan, pelaksanaan penyampaian pemberitahuan putusan, admistrasi tentang upaya hukum, dan lain sebagainya.


"Jika Panitera Gugatan tidak jauh beda dengan tugas pokok dari panitera muda permohonan, yang membedakan hanya fungsinya sebagai pelaksanaan pemeriksaan kelengkapan berkas perkara gugatan." Katanya lagi.


Sedangkan Panitera Hukum memilik tugas pokok yaitu melaksanakan pengumpulan, pengolahan, penyajian data perkara serta laporan bulanan dan harian.


Pada dialog yang dipandu presenter Viska Maudi Hutami ini, A. Rahman juga menginformasikan bahwa syarat menjadi panitera pengganti yaitu salah satunya sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil beberapa tahun, dan Sarjana hukum atau sarjana hukum Islam.


Kemudian mengikuti test dan lulus, maka calon panitera pengganti tersebut melakukan diklat, baru bisa melaksanakan tugas sebagai panitera pengganti.


Selama menjadi panitera pengganti pun, tegas Rahman, akan di evaluasi prestasi nya dan ketika memenuhi syarat, akan di usulkan oleh team promosi mutasi ke tingkat provinsi.


Di akhir dialog, Rahman menghimbau Bagi yang tertarik bergabung di pengadilan agama, belajar dan kuliah yang benar dan tetap semangat serta memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan.


"Setelah lulus kemudian ikuti test yang di diselenggarakan Mahkamah Agung dan jika sudah di terima bekerja lah dengan baik dan berintegritas" tutup dia.(db-dwa-aap).