DBFMRadio.id : Kalianda - Upacara peringatan Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, dan disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru, sesuai dengan protokol kesehatan, diikuti oleh seluruh Daerah secara virtutual.


Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto mengikuti di Aula Rajabasa, Setdakab Lampung Selatan, di Kalianda, Senin (17/8/2020).


Upacara dipimpin oleh Pesiden Indonesia, Ir. Joko Widodo dengan komandan upacara, Asops Paspampres, Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor, A. A.


Presiden Jokowi menggunakan baju adat Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Pemilihan baju adat tersebut dilakukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan Negeri yang kaya dan beragam.



Sementara, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, bertugas sebagai pembaca teks proklamasi.


Untuk diketahui, jumlah keseluruhan peserta upacara HUT RI ke-75 itu berjumlah 100 orang. Dan ditempatkan secara berjarak, demi mencegah penyebaran virus Covid-19 semakin meluas.


Dilanjutkan dengan Ramah Tamah


Sementara, Anggota Persatuan Pensiun Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (PEPABRI) Yito Atmojo ditemui usai mengikuti ramah tamah bersama dengan Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, di Aula Krakatau, mengungkapkan Bupati meminta agar tetap menjaga persatuan, memaknai kemerdekaan sebagai bentuk kebesasan, dimana tidak ada lagi batasan seseorang untuk melangkah serta tidak ada lagi bentuk penjajahan dari pihak manapun.


"Kemerdekaan artinya, sudah tidak dijajah lagi oleh penjajah. Jadi orang merdeka, bisa kemana-mana tanpa ada batasan, jadi seperti itulah," ungkap Yito Atmojo.


Melihat situasi kemerdekaan ditengah pandemi, Yito Atmojo berpesan agar saling menjaga, tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dengan demikian diharapkan semua keadaan akan semakin membaik.


"Keadaannya memang seperti ini, kita saling menjaga jarak, saling menahan istilahnya, gak bisa seperti dulu," pesannya.


Pensiunan Tahun 2013 ini berharap, pada HUT RI ke-75 ini, Indonesia menjadi Negara yang maju serta tetap menjaga keamanan serta persatuan.


"Tetap maju, kita aman sampai tua, untuk anak cucu kita supaya pada maju semua," harap Yito Atmojo menutup jawabannya.


Pada kesempatan itu, dilakukan pula pemberian tali kasih berupa bingkisan sembako serta uang tunai yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan. (db/ptm-aap).