16:44:40 DBFMRadio.id : Bandungan - Dari Assessment yang di rumuskan, Musyawarah Kerja Nasional -MUKRNAS- 4 Persatuan Radio  TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (IdonesiapersadaID) mengangkat 4 permasalahan.


Ketua Harian IndonesiapersadaID Syaifuddin Achmad dalam laporannya juga mengatakan, Permasalahan atau cluster tersebut adalah organisasi keanggotaan, kelembagaan LPPL, SDM, dan Inovatif program siaran.


Hasilnya, terus Kadis Kominfo Kabupaten Pasuruan ini, akan menjadi rekomendasi ke Kementerian Dalam Negeri dan Kemenkominfo, serta sebagai acuan rencana kegiatan organisasi tahun 2023.


"Empat  permasalahan ini akan dibahas dalam Mukernas melalui Komisi sesuai bidang permasalahan tersebut, yang akan dijadikan  rekomendasi kepada Kementerian Dalam Negeri dan Kemenkominfo serta sebagai acuan rencana kegiatan organisasi tahun 2023." Jelas Syaifuddin Achmad di Hotel Griya Persada, Bandungan Kab. Semarang Jawa Tengah, Selasa (18/10/2022).


Untuk Bangun Komitmen


Sementara ditempat yang sama, Ketua Umum -IndonesiapersadaID Ganjar Pranowo saat membuka Mukernas  berharap, Mukernas 4 ini dapat memecahkan masalah yang menjadi topik permasalahan meliputi organisasi keanggotaan, kelembagaan LPPL, SDM, dan Inovasi program siaran.


Mas Ganjar, juga mengatakan,  untuk masalah kelembagaan berkaitan dengan regulasi, segera dikomunikasikan.


"Gunakanlah Mukernas sebagai media komunikasi dengan Kemenkominfo yang juga hadir disini" kata dia.


Pada bagian lain Mas Ganjar juga mengingatkan, seharusnya Anggota DPRD diundang sebagai narasumber, untuk memberikan masukan terhadap permasalahan yang dihadapi LPPL untuk kemudian dijadikan komitmen building.


"Kalau kemudian itu bisa kita kumpulkan, akan bisa untuk  membangun komitmen, ya atau tidak. Nanti setelah ada,  anggaran ada dan didukung regulasi, teman-teman pasti akan dituntut nanti pada tingkat provesionalismenya, dalam konteks penyiaran." terang Gubernur Jawa Tengah ini.


Sambil berseloroh, orang nomor satu di Jawa Tengah ini menyemangati, mau seperti itu saja, mau lari dengan menggunakan tekhnologi yang sudah ada, atau akan merefleksikan dengan multi platform yang ada.


Untuk diketahui, Selasa malam akan digelar IP AWARD III, tercatat  46 LPPL mengirimkan karya jurnalistik dan siarannya,   terdiri  120 karya  radio yang terbagi dalam 6 kategori.


Keenam katagori dimaksud,  Reportase Berita Indonesia Live,  Presenter Berita Indonesia Iive,  Host Berita Indonesia Iive,  Radio Inovatif, Radio Ramah Anak, dan Radio Peduli Bencana.


Juri akan memilih 5 nominator dari masing-masing kategori dan dikerucutkan menjadi 3 Terbaik yang akan menerima IP AWARD Tiga ini.(db-@Ng).