22:31:38 DBFMRadio.id : Bandarlampung - Setelah mengalami penundaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke 48 Tingkat Provinsi Lampung yang sedianya digelar di Kabupaten Pringsewu pada tahun2020,  karena terkendala Pandemi Covid-19, Akhirnya Gubernur Lampung Arinal Junaidi, melalui Keputusan Gubernur Lampung nomor G 641/B /02/ HK tahun 2021 tentang pembentukan panitia MTQ juncto Keputusan Gubernur Lampung nomor G 642 - 643 - 644 -645 tahun 2021 tentang penunjukan dewan Hakim, Jum'at (26/11/2021) malam, membuka MTQ Ke 48 Provinsi Lampung di Islamic Centre Rajabasa Bandarlampung.


Dalam sambutannya, Arinal Junaidi mengatakan, dikalangan umat Islam,  MTQ merupakan kegiatan tradisi, selain sebagai kompetisi sekaligus sarana mensyiarkan ayat suci Al-Quran.


"Musabaqah Tilawatil Quran merupakan kegiatan yang sudah mentradisi di kalangan umat Islam,  kehadirannya sangat ditunggu. Selain sebagai ajang kompetisi, MTQ juga sebagai wahana silaturahmi dalam mengembangkan pembacaan AlQuran,  penghafalan,  penulisan,  pemahaman, penafsiran dan penyebaran isi kandungan Alquran". kata Gubernur dalam sambutannya.


Upacara pembukaan ini, lanjut Arinal  Junaidi,  dapat memberikan kedamaian dan kesejukan bagi masyarakat di Provinsi Lampung.


Musabaqah Tilawatil Quran,  harus terus digalakkan dalam setiap jenjang,  baik nasional,  provinsi,  kabupaten,  Kecamatan bahkan Kelurahan, untuk meninggikan kalam Allah dan memupuk kecintaan terhadap Alquran.


Demikian pula pembinaannya harus terus digerakkan sepanjang tahun dengan revitalisasi kantor Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) se Provinsi Lampung. Gubernur juga berharap Program Lampung Mengaji dapat berjalan dengan baik.


"Pembinaannya harus terus digerakkan sepanjang tahun, melalui  LPTQ, saya berharap program Lampung mengaji dapat berjalan dengan baik." harap Arinal.



Pada bagian lain sambutannya, Gubernur Lampung Arinal Junaidi juga mengatakan, selama pandemi Covid 19 Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ)  Nasional,  tetap diselenggarakan meskipun dengan penyesuaian protokol kesehatan.


"Provinsi Lampung meskipun gagal menyelenggarakan 48 tahun 2020 di kabupaten Pringsewu dan menundanya hingga selesai STQ nasional 2021 meskipun pandemi belum  mereda,  malam ini MTQ Ke 48 tingkat provinsi Lampung, Alhamdulillah dapat kita selenggarakan dengan protokol  kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah kehadiran." Kata Gubernur.


Sementara sebelumnya, Ketua LPTQ Provinsi Lampung yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra, Qodratul Ikhwan dalam laporannya menyebut, MTQ ke-48  dengan tema  Bersinergi Membangun Generasi Qurani dan Berprestasi Dengan Semangat Ukhuwah Islamiyah Menuju Masyarakat Lampung Berjaya, berlangsung selama sepekan dari tanggal 26/11/2021 sampai dengan  1/12/2921, di komplek islamic Center Rajabasa.


Adapun Cabang yang dilombakan,  lanjut Qodratul Ikhwan,  musabaqah Tilawatil Quran golongan tilawah anak-anak,  remaja,  dewasa dan tartil Alquran bertempat di mimbar masjid Nurul Ulum islamic Center Rajabasa.  Kemudian  Musabaqah Tilawatil Qur'an golongan qiraat remaja dan dewasa mujawwad dewasa, golongan qira'at Alquran murrattal dewasa,  cacat netra bertempat di Masjid asrama haji Rajabasa.

Mimbar  ketiga yaitu dipergunakan untuk musabaqah hifdzil Quran golongan tahfidz 1 juz,  5 juz dan 10 juz bertempat di Yayasan al-kautsar.  Selanjutnya  musabaqah hifdzil Qur'an golongan tajwid 30 dan tafsir Alquran bertempat di aula SMP Al Kautsar.


"Selain itu  yang kelima musabaqah fahmil Qur'an bertempat di aula Arafah asrama haji Rajabasa,  yang ke-6 musabaqah syarhil Quran bertempat di aula asrama haji Rajabasa, yang ke 7 musabaqah tartil Quran bertempat di SD Al Kautsar yang ke-8 musabaqah makalah hilmiah Alquran bertempat di laboratorium komputer al-kautsar dan yang terakhir yang ke-9 musabaqah hadits Qur'an bertempat di mushola SD Al Kautsar" rinci Qodratul Ikhwan.


Dari Kanal YouTube Pemerintah Provinsi Lampung diketahui MTQ ke-48 Provinsi Lampung tahun 2021 diikuti sejumlah 594 peserta dari 15 Kafilah Kabupaten Kota se-provinsi Lampung dengan 114 dewan Hakim.(db-youtubepemorovlpg-aap).