12:49:08 DBFMRadio.id : Jakarta - Tim Evaluasi  Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi -PANRB- berhasil memilih 55 top inovasi pelayanan publik terpuji,  terdiri dari 45 inovasi pelayanan publik,  top 5 replikasi inovasi pelayanan publik dan  5  Inovator terbaik pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik -KIPP- 2021.


"Melalui KIPP saling berbagi dan tukar pengetahuan tentang inovasi pelayanan publik, serta untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik.  Dengan berbagai tantangan yang dihadapi dimasa pandemi covid 19 ini, tetap semangat berinovasi." Kata Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa pada virtual penganugerahan Top IPP terpuji,   Selasa (9/11/21).



Dalam laporannya Diah Natalisa juga mengungkapkan, penghargaan prestasi dalam berinovasi ini tidak hanya  sekedar kompetisi atau lomba tahunan untuk mencari pemenang, namun lebih  bertujuan untuk membiasakan budaya berinovasi di kalangan birokrasi dan menjaring inovasi publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik.


"Penghargaan atas prestasi dalam berinovasi ini,  kami kemas dalam kegiatan bertajuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Kementerian pan RB telah menyelenggarakan KIPP sejak tahun 2014,  bukan sekedar kompetisi atau lomba tahunan untuk mencari pemenang, namun bertujuan untuk membiasakan budaya berinovasi di kalangan birokrasi dan juga menjadi inovasi publik yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik agar mampu menjangkau ke seluruh penjuru Indonesia." terang Diah.


Sesuai dengan visi presiden tahun 2019-2024 khususnya Point ke -4  reformasi birokrasi di mana faktor keberhasilan reformasi birokrasi adalah  pelayanan publik yang memenuhi harapan masyarakat. 


"Oleh karena itu kami bersama Kementerian lembaga dan pemerintah daerah melakukan berbagai upaya termasuk memberikan stimulus dorongan untuk membangkitkan upaya peningkatan kualitas pelayanan publik." Katanya lagi.


Kualitas pelayanan publik dimaksud adalah menciptakan partisipasi publik untuk peningkatan kualitas pelayanan dan menumbuhkan inovasi pada sektor pemerintahan.


Salah satu strateginya adalah dengan memberikan penghargaan bagi penyelenggara pelayanan publik,  baik Kementerian,  Lembaga,  Pemerintah Daerah dan  BUMD, yang melaksanakan Public Service Obligation yang memiliki prestasi di bidang pelayanan publik." Rinci Diah Natalisa.


Dari kanal YouTube KEMENPAN-RB diketahui, ke 55 Top IPP terpuji terdiri,  empat Kementerian,  tiga lembaga dan  empat  pemerintah provinsi,  25 Pemerintah Kabupaten,  delapan  pemerintah kota dan satu BUMN. 


Sementara untuk top 5 replikasi inovasi pelayanan publik terdiri, satu Kementerian,  lembaga, pemerintah provinsi dan 2 Pemerintah Kabupaten.  Selanjutnya untuk 5 pemenang Outstanding Achievement of Public Service atau Kehumasan,  terdiri dari tiga pemerintah provinsi satu Pemerintah Kabupaten dan satu BUMN.(db-ytbkemenpanrb-aap).