DBFMRadio.id : Kalianda - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto melakukan peninjauan ke Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang baru saja menerima bantuan alat Warning Receiver System (WRS).


WRS itu diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofikisika (BMKG), untuk mempermudah dalam penerimaan informasi bencana, baik gempa bumi ataupun tsunami yang terjadi di Indonesia, Selasa (16/6/2020).


Bupati Nanang Ermanto mengatakan dengan diberikannya alat WRS tersebut, dapat mempermudah dalam penerimaan informasi terutama mengenai cuaca di Kabupaten Lampung Selatan.


"Kita bisa tahu mengenai situasi di Lampung Selatan, terutama mengenai cuaca terlebih dahulu, jadi dapat mempermudah pekerjaan tim dari BPBD juga," katanya.


Ditempat yang sama, Operator WRS, Eko Agus, mengatakan alat tersebut berfungsi untuk menerima informasi dari BMKG pusat ke tempat-tempat yang sudah terpasang alat WRS.


"Jadi begitu ada gempa, sensor itu mengirim data ke BMKG pusat, nah dari sana langsung dikirim ke tempat-tempat yang sudah terpasang alat tersebut," jelasnya.


Lebih lanjut, Eko Agus mengatakan, pada WRS tersebut, nantinya akan menampilkan informasi seputar gempa, termasuk jumlah korban bencana.


Untuk Kabupaten Lampung Selatan, sebanyak 3 WRS sudah terpasang, yakni di kahai beach, Kantor SAR Lampung di Bakauheni dan BPBD Lampung Selatan. (db/ptm-aap).