17:40:42 DBFMRadio.id : Jakarta -  Selama pandemi Covid 19,  sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah sektor yang paling terdampak,  Namun Kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif  -Kemenparekraf- berupaya mengimplementasikan tiga strategi utama yaitu,  inovasi adaptasi dan kolaborasi.


Menurut Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno,  strategi Inovasi dan adaptasi telah diterapkan dengan mentransformasikan penjualan produk dari konvensional atau offline menjadi online.


"Disamping itu, juga  harus berkolaborasi dengan berbagai stakeholders guna membangun sistem yang terintegrasi,  mulai dari promosi,  pemasaran hingga penjualan dan pembayaran untuk lebih baik lagi." Terus Sandiaga Uno, Kamis (22/4/2021).


Pada virtual press conference dan diskusi bertajuk Blibli Travel Online Gathering 2021, Menparekraf menyambut baik digelarnya blibli travel dan UMKM fest 2021.


"Karena memudahkan para traveler untuk memilih dan membeli produk dan paket wisata yang diinginkan  yang telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat." lanjut dia.


Pada forum yang sama, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan diera new normal,  kesehatan menjadi hal yang utama dalam orang melakukan perjalanan,  dan trendnya terbalik,  lebih memilih suasana sepi, pribadi, dan alam terbuka.


"Oleh karenanya, mau tidak mau, sarana yang paling efektif untuk mewujudkan keinginan itu adalah go digital." tukas Nia.




Sementara EVP Digital, Otomotif and Travel Catagory Blibli, Lay Ridwan Gautama menyatakan, Blibli ingin mendorong pariwisata di era new normal dengan mengajak sejumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dalam satu wadah program "Blibli Travel & UMKM Fest 2021” berlangsung  16 hingga 30 April 2021.


"Sejak awal pandemi sebagai  E-Commers lokal, Blibli melakukan berbagai usaha dan inisiatif untuk mendorong pemulihan  ekonomi, termasuk juga UMKM dan pariwisata,  sebagai salah satu fokus utama dan komitmen untuk mendukung UMKM agar dapat mendominasi pasar dan dinikmati oleh masyarakat Indonesia dengan mudah." terang Lay Ridwan.


Lay Ridwan Gautama mencontohkan,  sudah 4 tahun ini blibli mempunyai kategori khusus yaitu galeri Indonesia hingga awal tahun ini sudah ada  lebih dari 75.000 pelaku UMKM yang bergabung di Blibli dan menjadi penjual atau seller dikategorikan Indonesia.


"Untuk menguatkan dukungan kami terhadap ekonomi nasional,  kami berkolaborasi dengan berbagai stakeholder,  khususnya dengan pemerintah, mengingat pemerintah sangat konsen dan support kepada UMKM karena UMKM sendiri berkontribusi lebih dari 60% ke perekonomian Indonesia." tutup Lay Ridwan.(db-ytbkemenkraf-aap).