13:01:27 DBFMRadio.id : Jakarta - Pelaksanaan Analog Switc Off- ASO-  akan melibatkan 701 lembaga penyiaran televisi yang bersiaran dengan teresterial analog, 44 setengah  juta rumah tangga pemirsa siaran televisi analog serta  produsen perangkat televisi analog, yang  harus beralih  memproduksi perangkat televisi digital.


"untuk ASO di provinsi Lampung,  Kementerian kominfo telah mendesain jaringan layanan siaran televisi digital dengan merujuk pada standar internasional Telecommunication Union,  sebuah agen di PBB bidang telekomunikasi." ujar staff khusus Kemenkomimfo Rosarita Niken Widyastuti, Kamis (16/9/2021).



Pada Virtual Talkshow Lampung Siap ASO, Niken Widyastuti juga mengatakan, ASO  di provinsi Lampung akan dilakukan secara bertahap. Untuk Tahap Pertama Lampung Satu pada 30 April 2022 dan Tahap dua tanggal 25 Agustus 2022 untuk wilayah Lampung 2.


"Untuk Analog Switch Off bertahap di provinsi Lampung ini,  dari dua wilayah layanan siaran yaitu tahap pertama ASO,   tanggal 30 April tahun 2022 untuk wilayah layanan siaran Lampung 1 kemudian tahap 2 ASO,  tanggal 25 Agustus tahun 2022 untuk wilayah layanan siaran Lampung 2" terang Direktur Utama LPP RRI 2010-2015 ini.



Niken berharap,  Talkshow ini dapat   memberikan edukasi dan pengetahuan mengenai televisi digital secara komprehensif dan mendalam,  serta mendapatkan kesamaan pemahaman sehingga dapat menjadi motivasi bagi kinerja pemerintah agar  dapat memenuhi target  ASO pada 2 November 2022.


Dari Kanal YouTube Kemenkominfo TV diketahui, Talkshow yang dimoderatori Jurnalis TVRI Lampung Liviyanti, menampilkan narasumber, Ketua KPID Lampung Budi Jaya, Kepala TVRI Lampung Herly Marjoni dan  Akademisi Universitas Lampung Agung Wibawa.(db-ytbkmnf-aap).