15:26:07 DBFMRadio.id : Jakarta - Revolusi mental adalah suatu gerakan untuk menjadikan Indonesia lebih baik yang dituangkan dalam Inpres 12 tahun 2016, Revolusi mental secara kontekstual adalah mengubah cara pandang, pikir, sikap perilaku dan cara kerja bagi bangsa Indonesia.


"Ada 3 nilai strategis instrumen dalam revolusi mental, yakni Integritas, etos kerja dan gotong royong, di mana masing-masing nilai memiliki makna." terang Sekretaris Revolusi Mental Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Bayu Priyo Jatmiko, Senin (26/5/2021).



Pada Live Talkshow Nasional Is Me, Nilai Kongkrit dari Revolusi Mental, Heartline Radio Network dan indonesiapersadaID, Bayu mengatakan, Integritas, dengan semakin tingginya kasus korupsi, menunjukkan bangsa Indonesia sangat minim kejujuran. Sedangkan etos kerja, semangat kerja yang dimiliki agar mampu bekerja lebih baik, sementara gotong royong, adalah kerjasama.


"Oleh karenanya, Integritas, etos kerja dan gotong royong, tidak bisa dipisahkan, harus bersama-sama bekerja untuk membangun bangsa Indonesia lebih baik lagi" tegasnya.


Pada bagian lain, Bayu Priyo Jatmiko mengatakan pemerintah tidak bisa menggerakan gerakan nasional revolusi mental ini sendiri, namun harus bersama semua pihak yang berkepentingan seperti dunia pendidikan, usaha dan masyarakat termasuk media terlebih dimasa pandemi covid-19 ini, peran media sangat vital untuk menyebarkan nilai-nilai positif.


"Tolok ukur integritas dalam suatu program kegiatan, dalam menyusun program kegiatan tentu didukung alokasi anggaran, karena terlaksananya kegiatan berkat dukungan dana, integritas pelaksana anggaran ditunjukkan apabila melaksanakan kegiatannya sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan dan tidak diselewengkan." tukas Bayu mencontohkan.(db-hrn-ipid-aap).