17:30:59 DBFMRadio.id : Kalianda - Kantor Bersama Samsat Wilayah II Lampung Selatan menggelar Gebyar Samsat dan Silahturahmi Bersama Mitra Pendukung Penerimaan PKB dan BBNKB Sebagai Upaya Optimalisasi dan Apresiasi Terhadap Masyarakat Wajib Pajak, di D'Sas Cafe Kalianda, Senin (31/01/2022).


Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung Badaruddin mengatakan, pajak kendaraan bermotor merupakan penyumbang tertinggi penerimaan daerah dari sektor pajak daerah.


"Dalam rangka meningkatkan penerimaan pajak bermotor maka perlu dilakukan peningkatan pelayanan dan pengembangan serta perluasan pelayanan terhadap masyarakat wajib pajak untuk mewujudkan penerimaan paja yang optimal", jelas Badaruddin


Lanjut Badaruddin, berbagai optimal terus diupayakan di tahun 2021 dan telah dikembangkan pelayanan pembayaran PKB melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) menggunakan aplikasi e-Samdes dan L-smart.


"Hal ini selaras dengan program Gubernur Lampung tentang smart village yang terintegrasi dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga provinsi. Dengan tujuan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat", jelasnya.



Ditempat yang sama, Kepala Operasional Jasa Raharja Lampung Panji Akbar Nurbanten mengatakan, gebyar Samsat merupakan suatu bentuk motivasi kepada masyarakat untuk mau membayar pajak.


"Artinya disini ada persuasif dari kita survei penyelenggara pemerintah, penyelenggaraan pelayanan pemerintah kepada wajib pajak untuk mengajak kepada tertib aturan", kata Panji


Lanjut Panji Akbar, jasa Raharja sangat menyambut baik rencana tersebut, yang diselenggarakan oleh beberapa UPTD di tahun 2022 yakni Bandar Lampung, Lampung Selatan, Tanggamus, Lampung Barat dan Lampung Tengah.


Kemudian, dalam laporannya Kepala UPTD Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Wilayah II Kalianda Lampung Selatan Viktor Libradi mengatakan, terselenggaranya acara tersebut sebagai pembukaan dimulainya gebyar Samsat tahun 2022 di wilayah Lampung Selatan.


Viktor Libradi juga mengatakan, tujuan dilaksanakan gebyar samsat tersebut yaitu sebagai langkah memotivasi dan memberi apresiasi kepada masyarakat pemilik kendaraan bermotor agar selalu membayar pajak kendaraan bermotor.


"Sebagai upaya mengajak pemilik kendaraan bermotor untuk melakukan balik nama kendaraan atas nama sendiri bagi kendaraan yang masih atas nama orang lain", lanjutnya


Kemudian, dalam lingkup bapenda tujuan tersebut merupakan optimalisasi penyerapan pendapatan asli daerah (PAD) provinsi Lampung dari sektor pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) tahun 2022.(db-bngpsp-@Ng).