*(dbfmradio,Kalianda)* - Sebanyak lebih dari 30 orang Kandidat calon siswa mengikuti acara sosialisasi dan Perekrutan Calon Siswa Pelatihan Berasrama ( Bording Training) dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Kabupaten Serang yang diadakan untuk pertama kalinya di Kabupaten Lampung Selatan, Rabu 22/01/2020


Menurut Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Pembangunan Burhanuddin,SH mengatakan yang dengan ini menyampaikan sambutan dari Plt. Bupati Kabupaten Lampung Selatan Hj. Nanang Ermanto yakni "Kami berkerjasama dengan BBPLK Kabupaten Serang untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan melalui pelatihan - pelatihan untuk menekan angka pengangguran disini yang mencapai 21rb"


Ditempat yang sama, Suyekto.,ST.,Msi perwakilan dari BBPLK Kabupaten Serang menyampaikan bahwa BBPLK tersebut tidak di bawah naungan Dinas Kabupaten Serang melainkan Langsung di bawah Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang dengan ini juga di jelaskan memiliki 5 balai besar yaitu BBPLK Serang, BBPLK Bandung, BBPLK Bekasi, BBPLK Semarang dan BBPLK Medan dan setiap BBPLK memiliki Konsentrasi masing-masing di Bidangnya. BBPLK Serang sendiri memiliki konsentrasi di bidang Las dan Listrik, Suyekto juga menjelaskan bahwa di BBPLK ini juga menyediakan asrama bagi siswa dari luar daerah Sehingga mempermudah siswa dalam mencari tempat tinggal selama 3bulan pelatihan.


Hanya ada 2 cara untuk menyelesaikan masalah pengangguran yaitu pelatihan dan pendidikan, maka dari itu pemerintah daerah Kabupaten Lampung Selatan meningkatkan motivasi dan mendidik para peserta agar memiliki kemampuan dan keahlian dalam melakukan suatu pekerjaan oleh karena itu diharapkan para peserta serius dalam mengikuti pelatihan ini. Para peserta juga dapat mendaftarkan dirinya melalui online melalui website yang sudah di jelaskan oleh pihak BBPLK. (db/lmhr)