17:04:43 DBFMRadio.id : Kalianda- Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto  didampingi Wakil Bupati Lampung Selatan Pandu Kesuma Dewangsa dan Sekda Thamrin menghadiri peresmian  Sentra Kuliner Ikan Kalianda, di Agrowisata Kuliner Kalianda, Kamis (30/12/2021).


Dalam sambutannya, H. Nanang Ermanto mengatakan, berkat dukungan dari semua pihak Sentra Kuliner Ikan Kalianda dapat dibangun di Kabupaten Lampung Selatan.


"Selain bidang perikanan ada juga pertanian yang menjadi tulang punggung dan penopang perekonomian di Lampung Selatan, Lampung selatan sebagai pintu gerbang sumatra saya harapkan dapat menjadi destinasi pariwisata bagi masyarakat lampung khususnya lampung selatan", ujarnya


Nanang Ermanto juga meminta kepada Ketua Komisi 4 DPR RI Sudin, untuk terus membantu Lampung Selatan dalam program-program kemajuan daerah terutama agrowista, pariwisata dan penataan desa-desa wisata.


Ditempat yang sama, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Artati Widiarti mengatakan, program kementerian kelautan dan perikanan adalah menjadikan ikan sebagai sumber protein hewani utama secara nasional.


"Karena kita lihat bahwa sumber daya ikan memang melimpah di berbagai daerah termasuk di Lampung Selatan. Saya mendengar budidaya juga menggeliat aktif disini, tidak hanya udang tetapi juga ikan-ikan yang dapat menjadi sumber protein hewani utama", ujar Artati


Mengenai  stunting di Kabupaten Lampung Selatan yang masih cukup tinggi, Artati berharap kepada  duta stunting dapat lebih aktif lagi menjadi motor penggerak agar masyarakat lebih banyak mengkonsumsi ikan yang dapat menurunkan tingkat stunting di Kabupaten Lampung Selatan.



Dorong Tingkatan Pemasaran Ikan Dalam Negeri.


Lanjut Artati, pembangunan sarana dan sarana pemasaran seperti wisata kuliner ikan, dimaksudkan dapat mendorong peningkatan pemasaran ikan di dalam negeri.


"Jadi kami berharap bahwa melalui pembangunan ini, tidak hanya pemasaran ikannya saja yang akan meningkat pesat tetapi juga bagaimana kondisi gizi ataupun kesehatan masyarakat Lampung Selatan juga harus meningkat", katanya


Peresmian Sentra Kuliner yang juga dihadiri Ketua Komisi VI DPR RI- Sudin, Ketua TPPKK Winarni Nanang Ermanto, Wakil Ketua TPPKK Nuri Maulida Pandu, Anggota Forkopimda, Para Staff Ahli Bupati serta Para Kepala OPD, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.


Bantuan tersebut berupa 4 Unit Sarana Sistem Rantai Dingin (Chest Freezer) kepada 3 kelompok Pengolah dan Pemasar, 1 Unit Sentra Kuliner Ikan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Mobil Berpendingin kepada Dakan Anugrah (petani tambak).(db-bngpsp-aap).