DBFMinfo (Jakarta): Presiden Joko Widodo, Rabu (11/6/2019) besok, dijadwalkan melantik Gubernur Lampung periode 2019-2024 Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim, di Istana Negara, Jakarta.
"Betul, besok akan dilakukan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih di Istana Negara," ujar Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar melalui siaran pers, Selasa (11/6/2019).
Dikutip dari laman kompas.com Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, akan mendampingi prosesi pelantikan tersebut. Seperti pelantikan kepala daerah pada umumnya, prosesi akan diawali dengan acara penyerahan petikan surat keputusan presiden tentang pelantikan dari Presiden Jokowi ke gubernur dan wakil gubernur terpilih.
Setelah itu, Presiden, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Tjahjo beserta pasukan kirab yang berasal dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan membawa pasangan kepala daerah itu ke Istana Negara untuk mengikuti prosesi pelantikan. Bahtiar menambahkan, usai proses pelantikan, Arinal-Chusnunia akan bersilaturahim dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Silaturahim akan dilakukan bersama-sama Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku serta Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara yang sudah dilantik sebelumnya. Pertemuan itu merupakan inisiasi dari Menteri Tjahjo sebagai salah satu implementasi dari amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.
"Strategi nasional pencegahan korupsi adalah arah kebijakan nasional yang fokus ke pencegahan tindak pidana korupsi. Pertemuan kepala daerah yang baru saja dilantik dengan pimpinan KPK merupakan implementasi dari Perpres 54 Tahun 2018," ujar Bahtiar.(nett/aap).