DBFMRadio.id : Bogor - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia -APKASI- otonomi Expo 2021 kali ini sangat istimewa, tidak sekedar dilaksanakan untuk memenuhi tantangan ekonomi global yang kian tajam, namun juga diselenggarakan pada masa pandemi covid 19 yang harus diwaspadai.


"Terkait pemulihan ekonomi nasional dalam menghadapi pandemi, telah berhasil melewati fase paling kritis penanganan covid 19. APKASI, berperan aktif dalam membangkitkan ekonomi nasional pada masa sulit ini salah satunya melalui AEO 2021 ini." ujar Ketua Umum APKSI Pusat Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam laporannya pada pembukaan APKASI Otonomi Ekspo -AEO- 2021 di Istana Bogor Rabu (20/10/2021).


Bupati Dharmasraya Sumbar ini melanjutkan,
APKASI Otonomi Ekspo tahun ini, menawarkan peluang investasi terkait produk-produk unggulan daerah, yang berpotensi untuk dikembangkan dan diperdagangkan, berupa pengolahan pakan ternak, produksi ikan tangkap dan budidaya perikanan, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, peluang investasi pengembangan objek wisata, agrowisata dan pembangunan hotel dan resort serta industri hilir kelapa sawit dan karet.


"Tahun ini aplikasi otonomi Expo menawarkan peluang investasi terkait produk-produk daerah yang potensi untuk dikembangkan dan diperdagangkan, berbahagia produk-produk daerah tersebut hendak diperdagangkan lebih luas melalui pemanfaatan teknologi informasi berupa aplikasi startup yang memudahkan proses pemasaran produk dagang tersebut" rinci nya.



Melalui teknologi informasi, sebut Sutan Riska, diharapan daya jual beli meningkat dan pihak-pihak tidak harus bertatap muka. Dengan demikian perdagangan ekonomi tetap dapat membaik dan upaya pencegahan covid 19 tetap terus dapat dijaga.


Expo ini juga diharapkan menjadi cikal bakal giat perdagangan baru pada masa pandemi dan masa depan, itu sebabnya antusias peserta diharapkan menciptakan gairah baru pasar ekonomi daerah dan nasional.


Meskipun pandemi masih melanda, kepercayaan diri pasar ekonomi tentu tumbuh karena upaya untuk terus menyalurkan vaksin ke seluruh wilayah Indonesia yang melibatkan berbagai stakeholder termasuk TNI dan Polri.


"Semoga semakin luasnya sebaran vaksin maka kebangkitan ekonomi kian membaik.' harap Ketum APKASI.


Gerakan Ekonomi, Melalui Otonomi Expo


Ditempat yang sama Presiden Joko Widodo dalam amanatnya mengapresiasi inisiatif APKASI dengan menggerakkan perekonomian daerah antara lain melalui Otonomi Expo ini. Presiden juga sepakat, perdagangan, pariwisata dan investasi mulai digerakkan, dengan tetap disiplin menerapkan protokol Kesehatan dan terus melanjutkan vaksinasi.


"Saya setuju, perdagangan tourisme investasi harus mulai digerakkan, jangan terlambat, tetapi dengan catatan kesehatan tetap nomor satu. Perekonomian perlu diaktifkan dengan tetap waspada terhadap masalah kesehatan, disiplin protokol (kesehatan) dan juga vaksinasi yang harus cepat dilanjutkan" tegas Presiden Jokowi.


Untuk Diketahui, APKASI Otonomi Ekspo 2021, berlangsung hingga 22 Oktober mendatang, di Hall Jakarta convention Center diisi dengan beberapa kegiatan, diantaranya pameran, forum bisnis dan pemilihan Putri otonomi daerah, yang diharapkan mampu mempromosikan berbagai keunggulan yang dimiliki daerah di tanah air.(db-ytbsetpres-aap).