DBFMRadio : Kalianda - Menjelang libur panjang pada akhir bulan Oktober mendatang, seluruh lintas sektoral pemerintah pusat maupun daerah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) secara Virtual, Kamis (22/10/2020).


Rakor tersebut diselenggarakan dalam rangka antisipasi penyebaran Covid-19 pada saat libur panjang akhir Oktober mendatang, yang bertepatan pada peringatan Hari Kelahiran Rosulullah atau yang lebih dikenal dengan Maulid Nabi.


Rakor yang diselenggarakan bersama Menko Pohukam, Menko PMK, Mendagri, Menag, Menaker, Menpan RB, Menparegraf, Panglima, Kapolri, dan Kepala BNPB, diikuti plt. Asisten Bidang Administrasi Umum (Adum) Kabupaten Lampung Selatan, M. Dharmawan dari Aula Krakatau, Kantor Bupati, Kalianda.


Tampak hadir pula pada kegiatan itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Ir. Rini Ariasih, M.M., Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. Priyanto Putro, serta beberapa kepala OPD terkait.



Meski sempat terdapat kendala akibat pemadaman listrik ketika pelaksanaan Vicon sedang berlangsung, para peserta Vicon di Pemkab Lampung Selatan tetap mengikuti hingga akhir acara.


Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan telah terjadi penurunan kasus sebesar 6,79% dan ini merupakan tingkat penurunan yang cukup signifikan di Indonesia.


Namun demikian, di Negara lainnya terjadi peningkatan kasus virus korona, sehingga hal ini yang menjadi perhatian Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 di Indonesia, agar tidak terjadi peningkatan kasus kembali pada libur panjang mendatang.


"Indonesia mengalami penurunan yang cukup tajam, disisi lain kasus suspek di Dunia mengalami peningkatan, ini harus kita apresiasi, menjaga dari semua komponen, termasuk tokoh agama dan lainnya," jelasnya.


"Namun, kiranya momentum ini tidak membuat kita lalai, lengah serta berpuas diri, karena kita masih belum bisa menghentikan Covid-19," jelasnya lebih lanjut.



Pada kesempatan itu, Doni Monardo memaparkan mengenai langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan penyebaran Covid-19, terutama ditempat umum yang biasa dikunjungi oleh masyarakat pada saat liburan.


"Nah tempat wisata, tempat ibadah, dan juga masih ada kegiatan Pilkada, kemudian kunjungan keluarga dan kerabat, pasar tradisional dan tempat umum, kemudian protokol kesehatan serta menghindari kerumunan," ungkapnya.


Dalam hal ini, tentunya akan melibatkan seluruh komponen, terutama TNI/Polri, Satpol PP, BPBD, Relawan, Tokoh Masyarakat. (db/ptm-aap).