20:30:10 DBFMRadio.id : Kalianda - Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang, Yespi Cory membuka acara Rapat Koordinasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lampung Selatan yang berlangsung di Aula Krakatau Kantor Bupati Kabupaten Lampung Selatan Jumat (10/3/2023).


Dalam Sambutannya Yespi Cory mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung beserta seluruh tim dan peserta Rapat Koordinasi TPAKD Kabupaten Lampung Selatan.


“Saya berharap Rapat Koordinasi ini menjadi evaluasi kita bersama dalam Percepatan Akses Keuangan Daerah" ujarnya.


TPKAD, lanjut Yespi,  harus menjadi forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan yang bertujuan untuk meningkatkan peluasan akses keuangan masyarakat di daerah,  yang bisa mendorong perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM, pengembangan Ekonomi Daerah dan Penguatan Sektor Ekonomi Prioritas.


Sebelum menutup sambutannya, Yespi  menjelaskan,  Akses  Keuangan  merupakan salah satu kunci pendorong pertumbuhan perekonomian khususnya di daerah.


"Untuk itu, dengan lebih terbukanya akses keuangan bagi masyarakat di daerah maka diharapkan dapat tercipta pertumbuhan ekonomi yang lebih merata, partisipatif dan inklusif" katanya.


Sementara pengawas pasar modal dan industri keuangan non bank dan EPK OJK,  Tri Reswati menerangkan,  bahwa layanan keuangan syariah tidak terbatas untuk masyarakat akan besar potensinya jika adanya dorongan dari TPAKD.


Pentingnya Akses Keuangan, terus Tri Reswati,  sebagai peningkatan kompetensi UMKM, peningkatan modal usaha dan pengembangan bisnis UMKM, pengembangan potensi unggulan daerah, dan penyerapan tenaga kerja di daerah dan peningkatan daya beli masyarakat.


"Koordinasi antar instansi bertujuan untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera." Sambung dia.


Tri Reswati juga mempaparkan Arah Strategi dan Rencana Aksi yang digunakan TPAKD untuk mempercepat akses keuangan di daerah.


"Ada  4 misi yaitu memperkuat infrastruktur dan peningkatan titik akses keuangan di daerah, memastikan keberlanjutan TPAKD untuk jangka panjang, memperkuat kapasitas anggota TPAKD dan peningkatan kinerja TPAKD serta mendukung pencapaian target literasi dan inklusi keuangan." Rinciannya.(db-dwa).