DBFMinfo ((Bakauheni) : Pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni yang menghubungkan Jawa dan Sumatera masih menjadi lintasan tersibuk selama periode Angkutan Lebaran 2019. Ditambah lagi, tahun ini masyarakat yang akan mudik dari Jawa menuju Sumatera dapat menikmati Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang telah siap beroperasi.


Direktur Utama PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengatakan, untuk lintasan Merak-Bakauheni tahun ini akan dilintasi 1,42 juta penumpang atau naik 5 persen dibandingkan realisasi tahun lalu sebanyak 1,35 juta. 


"penumpang sebanyak itu, terdiri penumpang sepeda motor, roda 4 dan pejalan kaki, yang diperkirakan juga mengalami kenaikkan" terang Ira di Bakauheni.


Pada arus balik tahun ini, lanjut mantan Dirut PT Sarinah (persero) ini ada pola baru, jika tahun yang sudah sudah, Pelabuhan Bakauheni hanya menerima Pemudik dari Pelabuhan Penyeberangan Merak dan sebaliknya saat arus balik, Merak yang akan menerima lonjakan penumpang dari Bakauheni. 


"namun tahun ini tidak, baik arus mudik maupun balik dari Merak dan Bakauheni sangat tinggi, meskipun arus baliknya tidak sebanyak mudiknya. Disamping itu, untuk puncak arus balik biasanya pada H plus 3, namun tahun ini tidak, pada H plus 1 sudah terjadi lonjakan penumpang, bahkan pada H 2 atau Lebaran hari kedua penumpang sudah mulai meningkat" jelas Ira Puspadewi.


Ira Puspadewi juga memprediksi, pada arus balik tahun ini, pelabuhan Bakauheni akan dilintasi 1,29 juta penumpang pejalan kaki, atau naik 5 persen dibandingkan tahun lalu dan sepeda motor juga naik 5 persen serta roda 4 naik 15 persen dibandingkan realisasi tahun lalu.


"Kita prediksi satu koma 20 juta penumpang pejlan kaki akan melintasi pelabuhan penyeberangan Bakauheni, naik 5 persen dibanding tahun lalu" Tutup Ira.(ndri/aap).