15:48 DBFMRadio.id, KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan menggelar Deklarasi Damai Pilkades Serentak Gelombang II Kab. Lampung Selatan Tahun 2023, berlangsung di Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati setempat. Selasa, (22/08/2023).


Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, jajaran Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah Lampung Selatan, para Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemkab Lampung Selatan, Camat se Lampung Selatan, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan para Calon Kepala Desa.


Sebelumnya, Pemkab Lampung Selatan telah melaksanakan Pilkades Serentak Gelombang I pada Tahun 2021 lalu yang diikuti oleh 283 Calon Kepala Desa dari 84 Desa. Sedangkan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang II tahun ini, diikuti sebanyak 138 Calon Kepala Desa dari 42 Desa yang akan di gelar pada 31 Agustus 2023 mendatang.


Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Lampung Selatan Eka Riantinawati menjelaskan, deklarasi ini dilakukan agar seluruh unsur yang terlibat dapat berkomitmen menciptakan kondisi yang aman dan damai saat pelaksanaan Pilkades serentak gelombang ke II tahun 2023, sehingga dapat berjalan damai, lancar, tertib, aman, dan kondusif.


“Saya berharap pada saat pelaksanaan Pilkades serentak nanti dapat menghasilkan pemimpin desa yang dapat mengajak semua elemen masyarakat untuk menjaga dan memelihara kondusifitas desanya masing-masing”, ungkap Eka selaku ketua pelaksana.


Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam arahannya mengatakan, deklarasi damai ini sebagai bentuk kebersamaan guna mewujudkan kehidupan yang demokratis serta menciptakan kondisi pelaksanaan Pilkades Serentak Gelombang ke-II tahun 2023 yang aman, damai dan sehat.


Menurutnya, deklarasi ini juga merupakan bagian dari membangun tatanan nilai, norma dan etika dalam proses pelaksanaan kehidupan berdemokrasi yang semuanya mengikat. Sehingga pesta demokrasi Pilkades akan melahirkan pemimpin yang berkualitas, bertanggungjawab, dan jujur.


“Maka saya minta harus ada komitmen dan konsistensi bagi seluruh pasangan Calon Kepala Desa untuk menciptakan iklim yang kondusif bagi keseluruhan proses pelaksanaan Pilkades”, jelas Bupati Nanang.


Nanang Ermanto juga berpesan kepada seluruh Calon Kepala Desa untuk dapat bersaing dengan jujur dan adil serta tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Selanjutnya, acara diakhiri dengan pembacaan deklarasi damai oleh seluruh Calon Kepala Desa serta penandatanganan berita acara deklarasi damai secara simbolis. (swd-dwa)