Kukuhkan DKLS, Bupati Nanang : Pererat Persatuan Dan Kesatuan Melalui Seni

Budaya & Wisata
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio : Kalianda - Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, secara resmi mengukuhkan Jajaran Kepengurusan Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Masa Bhakti 2020-2024 di Taman Wisata Way Belerang, Kalianda, Sabtu (19/9/2020).

Hal itu, berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor B/715/VI.21/HK/2019 Tentang Penetapan Pembentukan Dan Pengangkatan Pengurus Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) Masa Bhakti 2020-2024.

Secara bersamaan dalam acara itu, turut dilantik pula pengurus Ikatan Mulei Mekhanai Lampung Selatan (IMMeLS) Masa Bhakti 2020-2021, serta perayaan hari jadi Sanggar Beringin Jaya yang ke 36 Tahun.

Pada Kesempatan itu, Nanang Ermanto, mengatakan dengan dengan dikukuhkannya DKLS diharapkan mampu mempererat persatuan dan kesatuan melalui seni serta terus membanggakan Lampung Selatan.

"Saya mengapresiasi, dengan adanya DKLS yang pagi ini dikukuhkan atau dilantik, mudah-mudahan dengan pengukuhan ini kesenian makin mempererat persatuan dan kesatuan diantara kita," ungkap Bupati.

Selain itu, diharapkan pula dapat membangkitkan budaya kesenian serta pariwisata yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, dengan wilayah yang begitu indah dan alam yang luas, harus menjadi kesempatan kita untuk mengolah serta melestarikannya.

Ketua Panitia Pelaksana, Ir. Rini Ariasih, dalam laporannya menjelaskan bahwa pemberdayaan DKLS ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan peran para seniman dalam mengekspresikan karya seni, serta mensinergitaskan pembangunan budaya yang beragam melalui para pelaku seni atau masyarakat yang ingin turut berpartisipasi di dalamnya.

"Mengembangkan dan melestarikan seni dan budaya yang ada dikabupaten Lampung Selatan, kemudian mensinergisitaskan satu dan kesatuan dalam keberagaman budaya," jelasnya dalam pemaparan.

Lebih lanjut dia melaporkan mengenai, berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan, mulai dari Roadshow sebanyak 2 kali, salah satunya yakni di Studio DDFMRadio. Kemudian, bhakti sosial, serta acara puncak yakni ajang silaturahmi para seniman Lampung Selatan yang diselenggarakan pada hari ini.

"Roadshow yang telah kita laksanakan pada tanggal 28 Agustus dan 17 September 2020, di Studio DBFM Kalianda, Bhakti Sosial pada tanggal 18 September, kemudian acara puncak pada hari ini, yang akan dilaksakan pula pengukuhan DKLS," jelasnya lebih lanjut.

Sedangkan, Ketua Umum Sanggar Bringin Jaya, Hj. Winarni Nanang Ermanto, pada kesempatan itu menjelaskan dengan adanya kegitan silaturahmi antar seniman yang tergabung dalam Sanggar Bringin Jaya dan DKLS ini, diharapkan para seniman dapat kembali semangat dalam berkarya.

"Pertemuan ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan tali silaturahmi di antara kita, dan semoga jalinan silaturahmi ini berjalan dengan baik, dan para seniman atau para penggiat seni di Lampung Selatan dapat kembali bersemangat dalam berkarya," jelasnya.

Dengan genapnya usia Sanggar Bringin Jaya itu, lanjut Winarni, diharapkan mampu menjadi wadah serta rumah yang nyaman bagi para penggian seni. Dengan demikian, para seniman dapat terus berprestasi dan menghasilkan karya yang membanggakan daerah.

Winarni juga berharap, agar para seniman terus mengangkat karya seni daerah, khususnya Lampung Selatan. Agar Budaya daerah terus maju dan tetap terjaga kelestariannya.

"Banyak seni budaya kita yang mulai ditinggalkan oleh para generasi muda, kemajuan teknologi yang pesat, kemajuan teknologi yang pesat turut andil dalam eksistensi seni dan budaya, para anak muda lebih banyak melihat karya seni luar, yang belum tentu baik bagi perkembangan mental dan ideologi kita," ujar Winarni. (db/ptm-aap).