Berita Indonesia Live Edisi Kamis, 16 Desember 2021

BI LIVE
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

16:42:52 DBFMRadio.id : Muba - (Lapsus Redaksi)

Berkaca pada praktik di masa lalu,  ketika monopoli dan persaingan usaha tidak sehat, belum menjadi perhatian serius untuk dibenahi. Salah satu akibatnya terjadi  ketimpangan,  tidak hanya tercermin dari angka pendapatan masyarakat,  namun  juga dari jumlah pelaku usaha.

Wakil Presiden K.H Ma'ruf Amien pada Awarding KPPU 2021 Selasa petang mengatakan,  Kementerian koperasi dan UKM mencatat,  dari sekitar 64 juta pelaku usaha, 98 koma 6  persen didominasi usaha mikro, usaha kecil hanya 1, 2 persen sedangkan usaha menengah nol koma nol 9 persen serta usaha besar nol koma nol 1 persen.

Menurut Wapres Ketika reformasi bergulir, lanjut Wapres,  setidaknya lahir dua lembaga penting,  Komisi Pemberantasan Korupsi -KPK- dan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha -KPPU-.  Hakekat pembentukan kedua lembaga ini, adalah untuk memperbaiki iklim usaha dan pelayanan publik yang baik, dengan  harapan akan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

----------------INSERT-------------

Selama lebih dari dua dekade sejak KPPU hadir dan nilai-nilai persaingan usaha yang sehat diterapkan, Wapres melihat  berbagai perbaikan iklim usaha yang menguntungkan konsumen, seperti terbukanya industri penerbangan,  yang berdampak pada peningkatan jumlah maskapai hingga penurunan tarif penerbangan.

Pembenahan lain juga terjadi pada industri telekomunikasi,  atas putusan KPPU pula  maka praktek kartel layanan pesan singkat atau SMS dapat diakhiri dan  amat bermanfaat bagi konsumen. Menurut Wapres  Catatan keberhasilan KPPU merupakan kontribusi nyata dalam menjaga iklim persaingan usaha memberikan kepastian hukum serta meningkatkan pelayanan publik dan perlindungan konsumen.

Dari Kanal YouTube Sekretariat Wapres diketahui,  Kementerian Keuangan mendapat predikat peringkat utama Komisi Pengawasan Persaingan Usaha KPPU Award 2021, mengungguli Kemenko Perekonomian dan Kemenperindag diperingkat dua dan tiga.(@Ng).

&&&&&&&&&

Radio Host : Gema Randik Musi Banyuasin
Presenter : Elisa Anwiana