Punya Wilayah Pesisir Laut, Bakamla RI Jajaki Kerjasama dengan Lampung Selatan

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio.id : Kalianda - Tim Direktorat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI), melakukan kunjungan kerja (Kunker) dalam rangka pengembangan mengenai potensi laut yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (21/7/2020).

Tim yang dipimpin oleh Kasubdit Kerjasama Litbang Bakamla RI, Kol. Bakamla Agus Hariyanto, M. Han itu disambut oleh Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM di Aula Karakatau, Kantor Bupati Lampung Selatan.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM memaparkan tentang kondisi geografis Lampung Selatan, terutama potensi kelautan yang ada di daerah itu.

"Lampung Selatan memiliki luas 2.007 kilometer persegi yang terdiri dari 17 kecamatan, dengan luas 173.000 hektar lebih yang mengelilingi ujung sumatra, tentunya ini mempunyai potensi yang sangat besar, sepanjang pantai ini," paparnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, tentang beberapa kecamatan yang langsung berhadapan dengan pesisir pantai, seperti Sidomulyo, Kalianda, Rajabasa, Bakauheni, Ketapang.

"Sebagian besar potensi wisata, namun ada juga yang mendirikan tambak, serta kawasan industri lainnya," paparnya lebih lanjut.

Sementara, Kol. Bakamla Agus Hariyanto, M. Han menjelaskan, tujuan adanya kunker itu, yakni untuk melaksanakan program kerja sama dengan Kabupaten Lampung Selatan. Mengingat, Kabupaten Lampung Selatan mempunyai banyak daerah pesisir pantai.

Ditambah lagi, lanjut Agus, berkurangnya lahan didaratan yang dapat diolah sebgai lahan pertanian, dan lautan mempunyai potensi yang bagus untuk di kembangkan.

"Banyak sekali sumber daya alam yang dapat kita manfaatkan dari laut, yang tidak bisa habis dengan begitu saja, tapi tetap harus dilestarikan," ujarnya. (db/ptm-aap).