Riana Sari Arinal : Prevelensi Tinggi, Penangan Stanting Harus Terintegrasi Berbasis Desa

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio.id, Bandarlpung : Prevelensi stunting di Lampung masih cukup tinggi terlebih di Kabupaten Lampung Selatan termasuk kabupaten prioritas penanganan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan Prevelensi stunting di Lampung masih cukup tinggi terlebih di Kabupaten Lampung Selatan termasuk kabupaten prioritas penanganan stanting di Lampung.

Oleh karena itu, Riana Sari Arinal minta kepada Ketua TP PKK Lampung Selatan agar program pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi berbasis desa dengan mengoptimalkan TP PKK Kecamatan, Desa serta daswisma serta koordinasi antar organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"saya minta program pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi berbasis desa dengan mengoptimalkan fungsi tim penggerak PKK Kecamatan, Desa dan Dasawisma serta sinergi antar OPD dapat dilakukan." pinta Riana Sari saat melantik Winarni Nanang Ermanto sebagai Ketua TP PKK sisa masa jabatan 2016- 2021 di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung, Selasa (12/5/2020).

Riana Sari juga berpesan, penanggulangan kemiskinan dengan memprioritaskan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui usaha peningkatan pendapatan dan kesejahteraan keluarga atau P2K, serta pembinaan kepada usaha kerajinan masyarakat menjadi satu hal yang harus dilakukan secara terintegrasi oleh tim penggerak PKK, Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

Meskipun begitu, Ketua TP PKK Lampung ini juga menilai, Kabupaten Lampung Selatan memiliki nilai lebih dibidang Pariwisata, karena secara geografis memiliki wilayah prsisir pantai yang mempesona dan ditunjang oleh infrastruktur penting di Lampung, berada di Lampung Selatan seperti Bandara Radin Inten II dan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dan JalanbTollnTrans Sumatra (JTTS).

"Tiga infrastruktur penting berada di Lampumg Selatan, yakni Bandara Radin Inten dua, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni dan Jalan Tol, menjadi modal dasar untuk mengembangkan UKM yang terintegrasi dan mendukung pembangunan Pariwisata di Lampung Selatan" puji Riana Sari Arinal.

Dengan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranasda ini, lanjut Riana, merupakan momentum yang tepat untuk mewujudkan kabupaten lampung selatan yang sejahtera berdaya saing, mandiri dan berakhlak mulia.

"untuk itu kami harapkan kepada seluruh pengurus tim penggerak PKK dan Dekranasda agar dapat berperan aktif dalam pergerakan pembangunan daerah serta memenuhi tuntutan dan aspirasi yang berkembang dalam masyarakat agar dapat mengambil solusi strategis"tutup Riana Sari Arinal mengakhiri sambutannya.

lkok

Dilantiknya Winarni Nanang Ermanto sebagai Ketua TP PKK Lampung Selatan, menyusul dilantiknya Nanang Ermanto sebagai Bupati Lampung Selatan sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Balai Keratun Kantor Gubernur Lampung dihari yang sama.(dbfm-aap).