Pimpin Apel Mingguan, Thamrin : Waspada DBD Di Musim Penghujan

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

(DBFMRadio.id ): Kalianda - Musim penghujan merupakan musim yang rentan akan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), salah satu penyebabnya yaitu dari gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Penyakit musiman yang rentan terjadi di daerah tropis ini, menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah Lampung Selatan.

Untuk itu, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, memghimbau kepada seluruh masyarakat Lampung Selatan agar selalu waspada dan melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit berbahaya ini.

Demikian disampaikan oleh Pj. Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin, dalam sambutan tertulis Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Ketika menjadi Pembina apel pada apel mingguan pemkab lampung selatan di lapangan korpri, senin (2/3/2020).

Dalam sambutannya, Thamrin menjelaskan tentang upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam pencegahan penyakit DBD, upaya tersebut yaitu dengan menjaga lingkungan agar tetap bersih.

"Menimbun barang bekas yang ada di sekitar rumah, membersihkan lingkungan sekitar terutama yang terdapat genangan air, dan memberikan obat Abate pada bak mandi," jelasnya.

Selain itu, Lanjut Thamrin, metode yang dapat dilakukan untuk memberantas nyamuk penyebab DBD adalah dengan melakukan Fogging di daerah taman dan dalam rumah.

"Untuk membunuh nyamuk Aedes Aegypti yang sudah dewasa, dapat dilakukan dengan pengasapan atau fogging di daerah taman atau dalam rumah kita, dengan dilakukannya metode ini diharapkan dapat menurunkan angka populasi nyamuk tersebut," jelasnya lebih lanjut.

Untuk adanya tindak lanjut dari pihak terkait, Thamrin meminta kepada masyarakat agar melakukan laporan kepada Puskesmas, Rumah Sakit dan Dinas kesehatan apabila terdapat masyarakat yang terjangkit penyakit endemik ini. (db/ptm).