BBHAR, Lembaga Bantuan Hukum Menyasar Masyarakat Tidak Mampu.

Hukum
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

15:09:37 DBFMRadio.id : Kalianda - Ketua BBHAR (Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat)  DPC PDI Perjuangan Lampung Selatan Merik Havit,S.H.,MH menjadi narasumber pada Ruang Dialog DBFM  yang dipandu host Chairunisa dengan topik "Rertorative Justice”, Kamis (1/09/2022).

Menurut Merik, BBHAR adalah sayap DPC PDI perjuangan Lampung Selatan yang diketuai oleh H. Nanang Ermanto dan dirinya  diberi amanat menjadi ketua BBHAR dari tahun 2019.

"BBHAR di dirikan oleh 9 pemuda yang mempunyai tujuan untuk mengadvokasi masyarakat dan memberikan solusi, bagi masyarakat tidak mampu yang terjerat hukum" terangnya.

Pada bagian lain penjelasanya,  Merik Havit mengatakan, dari beberapa Lembaga Bantuan Hukum yang ada di Lampung Selatan, BBHAR sudah terakreditasi dari Kemenkumham.

Di BBHAR, lanjut Merik, dirinya  diberi tugas  oleh ketua DPC untuk terjun langsung kelapangan melayani masyarakat dan bertanya kemasyarakat apa yang dibutuhkan dan apa yang di inginkan.

“Tiap hari saya mendatangi 5 titik, rata-rata yang dibutuhkan masyarakat adalah kesehatan gratis dan mudah maka dari itu setiap kali saya turun kelapangan saya langsung bertanya apa kesulitan masyarakat,  tidak juga dibidang hukum namun juga dibidang sosial" rinci dia.

"Selain itu kita juga punya program jumat berkah dimana setiap jumat itu kita membagikan rezki untuk anak yatim piatu di tiap-tiap desa.” terus Merik.

Untuk itulah, Merik menyampaikan apresiasinya terkait Restorative Justice kepada Aparat Penegak Hukum karena selalu menggalakkan Restorative Justice di Lampung Selatan.

“menurut pandangan saya restorative justice ini sangat penting dan perlu karena kalau perkara selesai diluar pengadilan jadi tidak terlalu banyak orang yang dirugikan, syarat dari restorative justice itu ya kesepakatan antar kedua belah pihak maka dari itu kita di Lampung Selatan selalu intens melakukan sosialiasi hukum langsung ke desa-desa”.

Merik juga berpesan, berharap masyarakat lampung selatan yang memang memiliki permasalahan bisa langsung datang ke kantor BBHAR di depan sekolah MAN Lampung Selatan Jati Indah atau ke Radio DBFM yang nantinya akan diteruskan ke BBHAR dan akan ditindak lanjuti menyelesaikan masalahnya.(db-dcm-aap).