Lakukan Pembinaan dan Pengawasan Pilkada Serentak 2020, KPID Lampung Kunjungi DBFM Radio

BLDB
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio.id : Kalianda - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Provinsi Lampung melakukan kunjungan ke Radio Dimensi Baru (DBFMRadio) Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (17/9/2020).

Koordinator Bidang Pembinaan dan Pengawasan KPID Lampung, Sri Wahyuni, mengungkapkan, kedatangan KPID Provinsi Lampung ke Studio DBFMRadio ini dalam rangka pembinaan serta pengawasan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Selain itu, Yuni juga meminta agar DBFMRadio dapat turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan pada 9 Desember mendatang.

"Kami (KPID: red) ingin agar lembaga penyiaran, khususnya DBFM dan radio di seluruh Lampung Selatan serta seluruh Provinsi Lampung turut berpartisipasi dalam rangka mensukseskan pesta demokrasi ini," ungkap Yuni.

Lebih lanjut, Yuni menjelaskan mengenai peran yang dapat dilakukan oleh DBFM Radio, yakni menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan visi dan misi para calon kepala daerah, tatacara pelaksanaan pilkada ditengah pandemi, maupun mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan pilkada.

"Menjelaskan kepada masyarakat terkait demgan calon yang dapat mereka pilih, sehingga nantinya terpilih calon terbaik, yang bisa memajukan daerahnya masing-masing, khususnya dalam hal ini adalah Lampung Selatan," jelasnya.

Karena pelaksanaan pesta 5 tahunan ini berada pada situasi pandemi Covid-19, Yuni menjelaskan terdapat dua kerawanan yang dapat terjadi dalam pelaksaan Pilkada Tahun 2020 ini.

Disamping itu kerawanan tersebut, yakni terkait dengan keamanan kesehatan yang ternyata lebih parah dari sebelumnya. kemudian, kerawanan mengenai keamanan pelaksanaan pilkada, mengingat dalam Pilkada ini, peserta merupakan orang setempat.

"Ini adalah pilkada, pesertanya, kontestannya adalah orang-orang daerah, jadi diakar rumput jika tidak kita jaga dengan baik, kemungkinan bisa terprovokasi menjadi hal-hal yang tidak kita inginkan, nah kami berharap lembaga penyiaran bisa memberikan penyiaran yang damai, sehingga mendamaikan masyarakat segingga tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Yuni karena pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 ditengah pandemi, Yuni berharap agar pelaksaannya tetap sukses, aman dan nyaman. Dalam arti tidak menimbulkan cluster baru dalam setiap tahapan yang akan dilaksanakan.

"Saya secara pribadi maupun kelembagaan berharap agar lembaga penyiaran membantu mensosialisasikan agar para pemilih, peserta, penyelenggara pemilu semuanya sehat dan aman, baik sebelum maupun sesudah penyelenggaraan pemilu," harapnya.

Tak lupa pula, dalam kesempatan itu, Yuni turut mengimbau kepada seluruh Lembaga Penyiaran, khususnya DBFM Radio, agar menjaga netralitas dan independensi sebagai Lembaga Penyiaran. (db/ptm-aap).