Apa yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi bahaya listrik saat banjir?

Inspirasi
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
(10:57:08) DBFMRadio, Kalianda : Musim hujan air di mana mana, saat air mulai meninggi apa yang harus anda lakukan? Amankan listrik saat musim hujan. Tahukah anda kalau air adalah penghantar listrik yang baik apabila terjadi banjir dan aliran listrik masih menyala maka aliran listrik dapat dihantarkan melalui air yang kian meninggi, sehingga bisa berakibat fatal inilah mengapa PLN sama dengan masyarakat harus tanggap mematikan listrik saat banjir.
Nah, ada beberapa kondisi yang mengharuskan aliran listrik dipadamkan oleh PLN sementara waktu, agar tidak membahayakan lingkungan sekitar.
1. Apabila ruang pelanggan terendam banjir maka PLN akan langsung mematikan listrik di pemukiman tersebut untuk keselamatan bersama apabila aliran listrik yang masih menyala. Partisipasi masyarakat di area pemukiman tersebut untuk sesegera mungkin melaporkannya melalui kontak center PLN 123.
2. Apabila gardu distribusi terendam air wilayah sekitarnya tidak banjir, maka PLN juga akan segera mematikan listrik di gardu tersebut. Hal ini tentunya menyebabkan pasokan listrik di beberapa lokasi terpaksa terhenti sementara waktu.
Mematikan listrik pada gardu tidak semudah mematikan listrik di rumah. Gardu distribusi dimatikan dengan proses bertahap melalui pemutaran beberapa knop dan tombol, proses ini cukup memakan waktu dan tidak mudah.
Apa yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi bahaya listrik saat banjir?
1. Matikan instalasi listrik di dalam rumah.
2. Segera cabut peralatan listrik di rumah yang masih tersambung dengan stop kontak.
3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir.
4. Apabila aliran listrik di lokasi yang terkena banjir belum padam segera hubungi kontak center PLN 123.
5. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin, jika air terus meninggi hubungi instansi yang terkait dengan penanggulangan bencana banjir.
Nah banjir surut PLN memerlukan waktu untuk melakukan pembersihan dan penormalan gardu distribusi pasca banjir, di sisi pelanggan dimohon untuk memastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi keadaan kering.
Kita harus sama sama mengetahui juga bahwa instalasi listrik di dalam rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah pln berwenang sampe dengan Kwh meter pelanggan setelah semua instalasi di sisi pelanggan dan instalasi PLN sudah dipastikan kering maka proses penormalan listrik dapat segera dilakukan setelah penandatanganan berita acara yang disaksikan Ketua RT/ RW atau tokoh masyarakat tempat.
"Nah yuk, sama sama kita amankan listrik saat musim hujan" (db/ILM).