Jatim, DKI Jakarta dan Jateng Masih Tertinggi Penyumbang Kasus Positif Covid 19.

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

DBFMRadio.id : Jakarta, Virus Corona sudah menyebar hampir 10 juta orang di ratusan negara, hal ini menunjukkan bahwa dunia tanpa imunitas atau kekebalan tubuh terhadap covid 19.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan kesehatan memungkinkan kita mencegah penularan penyakit dengan vaksin atau imunisasi bahkan banyak juga penyakit yang telah hilang dari Indonesia seperti polio.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanangan Covid (GTPPC) 19, dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan, Kementerian Kesehatan dan hasil survei bersama universal dan pemerhati imunisasi anak mendapati bahwa mayoritas pelayanan kesehatan termasuk imunisasi menurun karena adanya wabah Covid 19. "Mayoritas pelayanan kesehatan di masa pandemi covid 19 ini, termasuk imunisasi menurun bahkan menimbulkan wabah ganda atau double Outbreak merebaknya Covid 19 dan penyakit menular lainnya" terang dr. Reisa, Selasa (30/6/2020).

Oleh karenanya, dr. Reisa nenganjurkan imunusasi kepada anak harus tetap diberikan ditengah pandemi Covid 19, namun tetap mengikuti protokol kesehatan. "imunisasi kepada anak ditekankan tetap penting diberikan meski di tengah pandemi dengan catatan tetap mengikuti protokol kesehatan , karena anak merupakan kelompok rentan penderita PD3I, penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi" kata dr. Reisa lagi.

Sementara jurubicara Pemerintah Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid (GTPPC) 19 dr. Achmad Yurianto, menjelaskan hari ini telah melakukan pemeriksaan spesimen sebanyak 21.515 sehingga total menjadi 803.898 spesimen.

Dari jumlah tersebut didapatkan kasus baru konfirmasi covid-19 sebanyak 1293 orang sehingga total menjadi 56.385 orang.

"Kalau kita lihat sebaran kasus ini yang pertama adalah bahwa Jawa Timur menambahkan kasus baru 331 orang dan 121 sembuh, krmudian DKI Jakarta 193 kasus baru dan 394 sembuh, Jawa Tengah 153 kasus baru dan 50 sembuh." jelas dr. Achmad Yurianto.

Kalimantan Selatan hari ini melaporkan 106 kasus baru dengan 38 sembuh dan Sulawesi Selatan 89 kasus baru dan 69 sembuh. Sementara 19 provinsi melaporkan kasus dibawah 10 dan 7 provinsi tidak ada penambahan kasus baru diantaranya Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat Kepulauan Riau, Riau dan Nusa Tenggara Timur.

"Total sembuh yang kita catat pada hari ini adalah 1.006 sehingga akumulasi sembuh adalah 24.806 orang dan meninggal 71, sehingga total 2.876 meninggal dengan 449 Kabupaten/ Kota terdampak covid 19" sambung dr. Achmad Yurianto seraya menambahkan, masih melakukan pemantauan terhadap 43. 797 Orang Dalam Pemantauan (ODP) 13.182 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).(fmb9:db/aap).