Triyani Kresnawan: Protein Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio, Jakarta : Tingkat kesembuhan pasien Covid 19 ditentukan oleh cakupan protein baik ODP maupun terkorfirmasi positif Covid 19. Untuk pasien PDP seperti yang dirawat di wisma atlet membutuhkan zat gizi yang cukup, salah satunya zat gizi makro, yakni protein.

Menurut Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid (GTPPC) 19 Triyani Kresnawan,  kebutuhan protein untuk pasien yang terinfeksi akan lebih tinggi daripada kebutuhan orang normal, protein ini salah satunya berguna untuk meningkatkan atau mengoptimalkan imunitas dari tubuh juga mengganti jaringan yang rusak dan menguatkan otot otot supaya tidak terjadi mal nutrisi.

"protein ini salah satunya berguna untuk meningkatkan atau mengoptimalkan imunitas dari tubuh dan mengganti jaringan yang rusak agar tidak terjadi malnutrisi" terang Triyani Kresnawan  pada Live Teleprersconfrence Media Centre GTPPC 19 Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Utan Kayu Jakarta Timur, Kamis (7/5/2020).

Sehingga, lanjut Triyani,  pasien yang dirawat di wisma atlet atau di rumah sakit rujukan Covid 19, ada rekomendasi tertentu terkait zat gizi.

"jadi, bukan hanya protein yang tinggi lebih tinggi dari kebutuhan orang normal akan tetapi juga kebutuhan energi karena suhu tubuh pasiennya di atas 37° celcius, karena membutuhkan tambahan energi 13%" lanjut Triyani.

Biasanya ahli gizi memberikan diet kepada pasien dengan energi tinggi dan protein tinggi khusus untuk pasien yang masih sadar penuh, dan bagi pasien yang tidak sadar atau kritis, beda lagi.(fmb9/db-aap).