15 Kota Terima Cartridge mesin TCM (Tes Cepat Molekuler) , untuk Pemeriksaan Covid 19

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio, Jakarta : Data dan informasi terkait dengan perkembangan Virus Corona yang di rilis setiap hari adalah merupakan hasil Kinerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid (GTPPC) 19 Nasional yang dihimpun dari seluruh Kementerian dan Lembaga, dunia usaha dan seluruh potensi yang ada di masyarakat, berada di pusat data di media centre GTPPC 19 di Graha Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Utan Kayu Jakarta Timur.

Juru bicara Pemerintah GTPPC 19 Achmad Yurianto mengatakan, data di media center yang dirilis berasal dari gugus tugas daerah, Kabupaten dan Provinsi yang didapat secara berjenjang dibawahnya dan dihimpun pada pukul 12.00 WIB setiap hari.

"Tentunya data yang kami sampaikan ini berasal dari gugus tugas yang berada di daerah secara berjenjang dan kemudian kita himpun pada pukul 12.00 WIB" terang Achmad Yurianto Saat Live Telepersconverence di Media centre Graha BNPB Senin (4/5/2020).

Acuan, pelaksanaan tugas dari percepatan untuk membendung sebaran Covid 19 ini, lanjut Achmad Yurianto, mengacu kepada arahan Presiden di antaranya pengujian sampel harus dilaksanakan terus secara massive.

Pengujian secara massive dilakkuan dengan menggunakan PCR (Polymerise Chain Reaction) atau Reaksi Berantai Polimerase sebuah teknik atau metode perbanyakan DNA tanpa menggunakan organisme, yang masih di impor.

"Kita syukuri bahwa kondisi yang ada sekarang sudah membuat kita cukup untuk mengantisipasinya setidaknya sampai dengan satu bulan ke depan, dari 89 laboratorium untuk PCR realtime sudah kita inventarisasi dan mulai kita siapkan agar seluruhnya bisa beroperasi" Kata Achmad Yurianto menjelaskan.

"Kita juga sudah mendatangkan 1.500 dari rencana 172.000 cartidge untuk Mesin Tes Cepat Molekuler untuk TBC (TCM-TB) dan sudah bisa digunakan untuk pemeriksaan Covid-19, cartridge khusus Covid-19 itu dan sudah di distribusikan ke daerah." lanjutnya lagi.

Diketahui, alat ini digunakan untuk memperpendek waktu tunggu spesimen di antaranya dikirim ke Sukabumi, Banyumas Kediri, Lumajang, Palangkaraya, Balikpapan Kendari, Sumbawa, Mimika, Merauke, Yapen Waropen, Sorong, Ternate, Tarakan dan Nunukan, sehingga di kota kota tersebut bisa melakukan pemeriksaan sendiri.

Sementara itu, informasi yang dihimpun dbfmradio.id, dari Media Centre GTPPC 19, hingga Pukul 12.00 WIB, jumlah specimen yang telah diperiksa dengan menggunakan real time PCR, 116.861specimen dari 86.061 orang. Sedangkan untuk konfirmasi positif bertambah 395 orang, sehingga menjadi 11.587 orang.

Namun demikian untuk Konfirmasi positif sembuh bertambah 78 orang sehingga menjadi 1.954 orang dan kasus konfirmasi positif COVID 19 meninggal, bertambah 19 orang, menjadi 864 orang. Untuk pasien ODP akumulasi ada 238.178 orang, sekitar 200.000 diantaranya sudah selesai obsevasi, PDP 24.020 orang, dan sudah 331 Kabupaten yang terdampak di 34 Provinsi. (FMB9/db-aap).