BRIDA Jadikan Landasan Kepala Daerah Buat Kebijakan.

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

20:49:50 DBFMRadio.id : Kalianda - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan Menghadiri Kick Off Badan Riset Inovasi Daerah (BRIDA) dan Talkshow Pembentukan BRIDA dengan Tema BRIDA untuk Percepatan dan Daya Saing Inovasi Daerah, secara virtual melalui zoom meeting dari Aula Rajabasa Sekdakab setempat, Rabu (20/04/2022).

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI, Laksana Tri Handoko mengatakan, pembentukan BRIDA merupakan amanat dari Undang Undang nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dan Perpres 78/2021 tentang BRIN. dimana untuk memastikan penguatan riset dan inovasi di seluruh wilayah Indonesia.

"Riset dan Inovasi menjadi kunci dalam mencegah Indonesia terjebak dalam fenomena middle income trap atau jebakan kelas menengah, karena dengan riset dan inovasi yang lebih baik lagi, Indonesia Maju 2045 bisa tercapai", kata Handoko

Handoko berharap BRIDA dapat berperan sebagai penghubung berbagai pihak untuk memperkuat riset dan memanfaatkan inovasi hasil riset.

"Karena riset tidak semata menjadi ranah dari para akademisi tetapi juga menjadi hal aktivitas yang bisa dilakukan oleh setiap insan masyarakat", ujar dia.

Miliki Mindset Berbasis Data

Diforum yang sama, Menteri Dalam Negeri,  Muhammad Tito Karnavian menuturkan dalam mengambil sebuah kebijakan sangat penting sekali berdasarkan hasil riset dan data, sehingga lembaga riset menjadi sangat penting, terutama di daerah daerah untuk membantu setiap Kepala Daerah.

"Setiap Kepala Daerah harus memiliki mindset yang berbasis data selaku pengambil kebijakan. Saya mengharapkan BRIDA ini menjadi landasan ketika seorang Kepala Daerah membuat kebijakan serta mendorong untuk memprioritaskan riset yang sesuai dengan kebutuhan daerah masing masing", tutur Tito.

Mendagri mencontohkan, betapa pentingnya hasil riset dalam menangani pandemi covid-19, merupakan pandemi terluas dalam sejarah kehidupan manusia, hampir semua Negara terdampak dan untuk pertama kali bagi Indonesia, mengalami pandemi yang masive, seluruh wilayah terkena.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Dewan Pengarah BRIN Megawati Soekarnoputri, Menko PMK Muhadjir Effendy, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia baik yang hadir secara langsung maupun virtual.(db-bngpsp-aap).