J.G Plate : "Qurban Online, Solusi Pandemi Covid 19"

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

(12:41:31) DBFMRadio.id : Jakarta - Penyerahan hewan qurban Kementerian Komunikasi dan Informatika -Kominfo- dilaksanakan sesuai surat edaran Menteri Agama yang terkait dengan perayaan Idul Adha 1442 hijriah, untuk mengambil bagian yang aktif dalam memutus rantai sebaran covid-19.

"Qurban adalah ibadah yang diawali oleh peristiwa nabi Ibrahim dan putranya nabi Ismail yang terus dilestarikan hingga saat ini. Sejarah nabi Ibrahim menyebabkan Idul Adha dinamai idul Naar, atau qurban yang artinya hari menyembelih hewan ternak."terang Menteri Kominfo Jhoni G Plate, pada penyerahan hewan qurban secara virtual melalui kanal YouTube Kemenkominfo TV Rabu (21/7/2021).

G. Plate mengatakan, riwayat penyerahan kurban nabi Ibrahim adalah bagian dari keikhlasan ketaatan dan loyalitas nabi kepada sang pencipta, peristiwa teologis itu penting untuk negara, pemerintahan dan rakyat, terlebih dalam situasi pandemi covid 19 saat ini, dan kesolehan serta solidaritas sosial tanpa sekat.

"Riwayat penyerahan korban nabi Ibrahim adalah bagian dari keikhlasan ketaatan dan loyalitas nabi kepada sang pencipta Tuhan Yang maha esa peristiwa teologis itu penting untuk negara pemerintahan dan rakyat apalagi dalam situasi pandemi covid 19 saat ini dan kesalehan serta solidaritas sosial tanpa sekat dan loyalitas." terang Menkominfo.

Islam mengajari fleksibilitas dalam ibadah, demikian juga dalam berqurban jika tidak dapat melakukannya sendiri, seorang muslim dapat mewakilkannya ke orang lain, termasuk secara online.

Qurban online, kata Mentri G Plate, salah satu solusi saat pandemi covid 19, pelaksanaan ibadah Qurban marketplace, lembaga keagamaan online dan lainnya yang didukung oleh jaringan telekomunikasi dengan quality of service yang baik.

"Seperti tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 36 tahun 2020 tentang salat Idul Adha dan penyembelihan hewan qurban saat wabah covid 19." tegas Menkominfo.

Sementara dalam laporannya, Sekretaris Ditjen Pengembangan Sumberdaya Manusia, Haryati menyebutkan, Panitya Qurban Masjid At - Taqwa Kominfo, berhasil mengumpulkan 12 Ekor sapi dan satu ekor kambing, berasal dari Shohibul qurban dilingkungan Kemenkominfo dan mitranya.

"Adapun ke 13 Shohibul qurban tersebut dari internal masing-masing, untuk sapi Menkominfo Jhoni G Plate, Sekretariat Jendral, Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Infomatika (PPI), Ditjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Infomatika (SDPPI(, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Ditjen Aplikasi Informatika, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Bhakti Kominfo." Sebut Haryati.

Kemudian dari mitra Kominfo, lanjut dia, masing-masing, satu ekor sapi BRI Pusat, Gojek, Telkomsel, Bank Syariah Indonesia-BSI- Cabang Sudirman. Serta satu ekor kambing dari BSI Bintaro.

Sedangkan untuk penyembelihan, dilakukan di Rumah Potong Hewan -RPH- Nurminasia Bintaran Bekasi.(db-aap).