Tingkatkan Pemahaman Pentingnya Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan, Bank Indonesia Gelar FEKDI 2021

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

12:11:11 DBFMRadio.id : Jakarta - Digitalisasi akan terus bertumbuh di tengah perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital, dimulai dari kesanggupan masyarakat untuk berbelanja secara daring sampai tren pembayaran digital dan transaksi digital banking.

Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator bidang Peronomian menggandeng lembaga/kementerian, otoritas, dan pelaku Industri menggelar Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2021.

"FEKDI 2021 bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya digitalisasi ekonomi dan keuangan, serta mendorong pengembangan inovasi dan keuangan digital (EKD) dalam mendukung upaya pemulihan ekonomi Nasional."terang Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo pada pembukaan Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia - FEKDI- 2021, Senin (5/4/2021).

Kebijakan ini, lanjut dia merupakan upaya dukungan yang diberikan oleh Bank Indonesia kepada seluruh pelaku UMKM di Indonesia dan untuk menjaga stabilitas ekonomi Nasional ditengah pandemi covid-19.

Pada forum yang sama, Menkoperekonomian Erlangga Hartarto mengatakan,  implementasi strategi ekonomi digital para pemangku kepentingan telah diidentifikasi di mana setiap rencana kerja  dipimpin oleh kementerian dan lembaga teknis yang menangani program sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Erlangga Hartarto berharap akselerasi elektrolifikasi transaksi pemerintah daerah dapat dilakukan di seluruh Indonesia.

"Hal ini dikuatkan dengan Keputusan Presiden Nomor 3 tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah." kata Erlangga Hartarto.

Erlangga Hartarto menambahkan,  koordinasi perecepatan digitalisasi ini dilakukan di 542 daerah oleh Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah -TP2DD- yang diketuai Kepala Daerah.

"Saat ini sudah ada 110 dari 542 daerah yang telah menginisiasi pembentukan TP2DD." katanya lagi.

Pembukaan FEKDI- 2021 yang diikuti Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Lampung Selatan, Intji Indriati secara virtual dan disiarkan langsung kanal YouTube Bank Indonesia ini, mengusung tema Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia (Fekdi) berlangsung selama 4 hari 5 hingga 8 April 2021 secara virtual. (db-ytbbi-aap).