Berlangsung Ditengah Pandemi, HUT 102 Pemadam Kebakaran, Tanpa Demonstrasi Ketangkasan.

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

16:28:34 DBFMRadio.id : Jakarta : Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 102 pemadam kebakaran dan penyelamatan,  dilaksanakan dalam suasana pandemi covid 19. Jika sebelum masa  pandemi covid 19,   upacara berlangsung di lapangan terbuka diwarnai  dengan  demonstrasi ketangkasan, kali ini diruangan tertutup.

"Dalam situasi pandemi,   harus menerapkan protokol kesehatan,  menghindari kerumunan dan yang dapat berpotensi penularan. Oleh karena itu, upacara dilaksanakan di ruangan secara hybrid diikuti tidak lebih dari 30 orang  Jajaran Pemadam Kebakaran DKI Jakarta dan secara virtual di seluruh Indonesia." terang Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dalam amanatnya pada  upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke 102 pemadam kebakaran dan penyelamatan, di Gedung Sasana Bhakti Praja,  Kemendagri Jakarta Pusat, Senin (1/3/2021).

Upacara yang disiarkan langsung  kanal YouTube Kemendagri dengan  tema Pemadam Kebakaran dan penyelamatan yang profesional mandiri dan melayani,  dalam mendukung adaptasi kebiasaan Baru, dari tema ini,  terus Tito tantangan bahaya kebakaran dan penyelamatan tetap berjalan,  karena ada pandemi atau tidak kebakaran dapat terjadi.

"Untuk itu, saya minta kepada seluruh kepala daerah memberikan perhatian khusus  kepada jajaran pemadam kebakaran dan dibentuk  organisasi tersendiri, dan  Anggaran yang memadai, agar petugas pemadam kebakaran dapat bekerja maksimal. Dan saya akan mengeluarkan keputusan untuk itu" katanya lagi.

Pemadam kebakaran lanjut  Tito, juga  mengandung misi penyelamatan meskipun ada badan-badan lain yang mengerjakannya.

"Pemadam Kebakaran kita sudah ada sejak ejak tahun 1919,  sudah  terlatih untuk tugas-tugas penyelamatan, bahkan tidak hanya memadamkan kebakaran dan menyelamatkan korban kebakaran saja, namun  membantu masyarakat menyelamatkan kecelakaan kerja atau insiden yang tidak dapat ditangani masyarakat. Mengevakuasi binatang peliharaan pun pernah dilakukan" terang Tito Karnavian menjelaskan.

Dari kananl YouTube Kemendagri diketahui, Tito Karnavian juga berdialog dengan beberapa kepala daerah yang mengikuti upacara secara virtual, yang mengungkap prestasi dan kendala yang dihadapi oleh Dinas Pemadam Kebakaran didaerahnya.(db-ytbkmdg-aap).