Pasca Libur Nataru, RSDC Wisma Atlet Tambah Fasilitas Untuk Antisipasi Perubahan Tipe Penyakit.

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times
Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

dbfmradio.id : Jakarta Timur - Pada 8 Januari 2021, tepat dua minggu setelah libur Natal, untuk pertama kalinya penambahan kasus postif di Indonesia mencapai angka lebih dari 10.000, dua minggu pasca libur Tahun Baru usai, kasus positif berada pada puncaknya yaitu 14.224.

Meski pemerintah telah memberlakukan berbagai pengetatan dan himbauan untuk mengontrol mobilitas masyarakat, namun antusiasme untuk menghabiskan momen akhir tahun dengan berlibur tetap tak terbendung.

Koordinator RS Darurat Covid-19, Mayjen TNI Dr. dr. Tugas Ratmono mengatakan, Wisma Atlet sejak sebelum libur Nataru sudah memprediksi pasca liburan akan terjadi lonjakan positif Covid 19, sebelum libur panjang Nataru, hunian 60% dan pasca libur menjadi 80% atau naik 20%.

"memang ya kita sudah prediksi karena di sana juga sudah diingatkan kira-kira 2 minggu setelah liburan akan terjadi peningkatan kasus, ternyata memang betul 2 minggu terjadi peningkatan" ujar dr. Tugas Ratmono, pada Talkshow “Update RSDC Wisma Atlet: Kesiapan Pasca Libur Natal dan Tahun Baru” di Media Center Graha BNPB Jakarta Timur, Senin (18/1/2001).

Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet, lanjut dr. Tugas Ratmono, RSDC juga telah menambah fasilitas untuk mengatasipasi kemungkinan perubahan jenis atau tipe penyakit.

"sejak awal Kami sudah menyiapkan fasilitas, baik itu fasilitas yang kemungkinan juga perubahan jenis atau Tipe penyakitnya yang tadinya adalah ringan OTG, saat ini banyak yang ke arah bergejala. Sehingga kami putuskan Juga fasilitas untuk merawat yang bergejala" terang dr. Tugas lagi.

Pada Talkshow yang disiarkan langsung di akun Facebook BNPB, juga terungkap, untuk fasilitas yang tanpa gejala, di tower 8 dan 9 Pademangan dan Wisma Atlet Kemayoran khusus untuk yang bergejala.

Sedankan RSDC Wisma Atlet, saat ini kapasitas sudah mencapai 82,73% dengan 4.959 pasien, dari 5.994 Bed yang disiapkan, sehingga tinggal 1.035 Bed. Disamping itu, juga sudah siapkan untuk Intensif Care Unit (ICU) transisi 20 Bed, High Care Unit (HCU) 27 Bed kemudian Intermediate Care Unit (InCU) 94 Bed.(db-bnpb-aap).