2.587 Dosis Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba Di Lampung Selatan

Nasional
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio : Kalianda - Sebanyak 2.587 dosis Vaksin Covid-19 Sinovac, Selasa siang, (12/1/2021) telah di distribusikan di Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan, Eka Riantinawati, mengatakan sesuai dengan jumlah vaksin yang telah diterima, nantinya akan ada 2.587 orang yang akan segera di vaksinasi. 

Dengan masing-masing penerima vaksin akan mendapatkan dua kali vaksinasi, namun untuk sementara, kata Eka, satu orang nantinya akan mendapatkan satu kali vaksinasi terlebih dahulu.

"Untuk sekarang kita terima satu (vaksin sinovac : red), satu kali dulu," ungkapnya.

Lebih lanjut, Eka mengatakan, Vaksin Covid-19 jenis Sinovac itu akan di berikan kepada 10 Penjabat tertinggi di Kabupaten serta Tenaga Kesehatan, sesuai dengan instruksi dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (RI)

"Nanti untuk yang pertama, sesuai dengan instruksi Kementrian Kesehatan, untuk 10 Forkopimda," ujarnya.

Sementara, untuk jadwal vaksinasi, kata Eka, masih menunggu instruksi dari Kementrian Kesehatan RI serta Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

"Kita (Dinas Kesehatan Lampung Selatan ; red) belum bisa menjadwalkan kapan (akan divaksinasi ; red), kita masih menunggu petunjuk dari Kementrian," jelasnya.

"Sampai dengan hari ini, kawan-kawan (vaksinator ; red) masih dilatih sampai dengan besok, jadi selesai pelatihan dulu, karena semua data ada di P-Care di masing-masing Puskesmas," jelasnya lebih lanjut.

Untuk saat ini, Vaksin tersebut telah tersimpan di dalam vaccine refrigerator dengan suhu 2 hingga 8 derajat celcius.

Sementara, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan (Ekobang) dan Kemasyarakatan, Burhanuddin, berharap dengan datangnya vaksin Covid-19 ini, tenaga kesehatan dapat melaksanakan tugas dengan baik tanpa rasa khawatir yang berlebih.

"Kita berharap dengan adanya vaksin ini, petugas kesehatan dapat melaksanakan tugas dengan baik, artinya tidak merasa khawatir, karena sudah di vaksin," ujarnya.

Dia juga berharap, dengan adanya Vaksinasi ini, nantinya penyebaran virus corona dapat segera tertuntaskan, dan keadaan dapat segera pulih seperti sedia kala.

Vaksin Tahap 3 Tiba di Bandara Soetta

Sementara 15 juta dosis vaksin Sinovac tahap ke tiga, tiba di Bandara Soekarno Hatta, Selasa (12/1/2020).

Ketua Satgas Penanganan Covid19 Doni Monardo disela meninjau proses un loading vaksin Sinovac mengatakan dengan datangnya 15 juta dosis ditahap ke 3 ini, tidak lalu abai dengan protokol kesehatan.

"untuk tahap yang ketiga ini pemerintah telah mendatangkan vaksin untuk menambah jumlah vaksin yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat, namun dengan adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor justru harus diimbangi dengan kepatuhan pada protokol kesehatan, 3M" harap Doni.

Doni menambakan, yang harus dipahami bahwa vaksin harus paralel dengan kedisiplinan dan kepatuha, namun tidak cukup hanya untuk diri sendiri. Namun harus dikembangkan dan ditularkan kepada seluruh orang yang ada di sekitar.

Diketahui, dalam dua setengah bulan terakhir. sampai dengan hari ini kasus aktif mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

"Jika dibandingkan dengan pada awal minggu kedua bulan november tahun lalu, kasus aktif berada pada posisi terendah yaitu 12,12% dengan angka akumulasi sebesar 54.000 orang, tetapi per 11 Januari kemarin tercatat kasus aktif kita sudah mencapai sekitar 123.000 orang artinya telah terjadi peningkatan lebih dari dua kali lipat" rinci Doni Monardo. (db/ptm-aap).