Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Pemerintahan
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

DBFMRadio.id, KALIANDA - Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan di Lapangan Korpri Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Senin (3/6/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto. Sementara Komandan Upacara dipercayakan kepada Ipda Edi Setiawan yang merupakan Kanit Regident Satlantas Polres Lampung Selatan.

Upacara diikuti dari jajaran Forkopimda Lampung Selatan, para Kepala OPD Lampung Selatan, unsur TNI/Polri, Satpol PP, ASN, dan seluruh jajaran Staff di lingkungan Pemerintah Daerah Lampung Selatan.

Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Lampung Selatan Agus Sutanto, bertugas membacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, kemudian pembacaan doa yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Selatan, H. Ashari.

Meskipun cuaca mendung, namun tidak mengurangi semangat para peserta upacara untuk mengikuti rangkaian upacara dengan khidmat hingga selesai.

Pada moment tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto membacakan Pidato Hari Lahir Pancasila Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Ia mengucapkan rasa syukur karna Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya dapat menyatukan Bangsa Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika", terangnya.

Nanang Ermanto juga mengajak seluruh komponen bangsa khususnya di Lampung Selatan untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Sebab Pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

"Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia", tutupnya. (swd)