4.600 Batang Melon Ditanam Dikebun Edukasi

Daerah
Tools
Typography
  • Smaller Small Medium Big Bigger
  • Default Helvetica Segoe Georgia Times

DBFMRadio.id- Kalianda : Bupati Lampung Nanang Ermanto bersama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Bibit Purwanto dan UPT Pertanian seluruh kecamatan di Lampung Selatan melakukan penanaman bibit melon di taman edukasi yang bertempat di rumah dinas bupati Lampung Selatan, Rabu 10 Juni 2020.

Bupati mengatakan penanaman Melon ini adalah salah satu sarana edukasi ke masyarakat bagaimana untuk penguatan ketahanan pagan di Lampung Selatan .

"Karena kita sekarang sangat prihatin ketika ada musibah covid-19 ini, selalu kesulitan ketahanan pangan karena kita banyak lari kepada industri" ujar Bupati.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Bibit Purwanto menjelaskan kenapa memilih melon yang menjadi sasaran penanaman di kebun edukasi karena jangka waktu panen untuk melon itu pendek hanya 2 bulan saja masyarakat sudah bisa menikmati hasilnya. Dan nanti pada bulan Agustus juga akan ada 150rb batang melon yang ada di panen yang tersebar di wilayah kecamatan Kalianda, Palas, Sragi dan Bakauheni.

"Untuk mengajarkan kepada masyarakat kalau tanaman holtikultura itu sangat menguntungkan karena dalam waktu yang cukup cepat dan tidak lama, hanya 2 bulan saja sudah bisa panen, Agustus nanti sudah bisa di panen ini" jelasnya.

Penanaman yang di lakukan di lahan seluas 1 hektar di tanam sebanyak 4600 batang golden melon, tidak hanya melon nanti juga akan ada penanaman bibit semangka sebanyak 1000 batang dan saat ini bibit masih dalam penyemaian.

"Karena melon golden ini harga jualnya sangat tinggi di pasaran" terang Bibit.

Dinas TPHP juga sudah bekerjasama dengan pihak pembeli dan mereka juga sudah bekerjasama dengan pasar modern .

"Jadi nanti kalau panen, pihak pembeli yang langsung ngambil ke sini dan mereka yang langsung memasarkan" ujarnya

Diketahui, batang melon ini berasal dari pengadaan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan para penyedia benih atau bintang Asia di beberapa wilayah.

Sementara itu, selain penanaman buah melon, Ketua Tim penggerak PKK Lampung Selatan Winarni Nanang Ermanto juga melakukan penanaman pohon sawo secara simbolis.(db/lmhr/ptm-aap).